Silaturahim DWP Kabupaten Subang Gelar Pertemuan Rutin Bertema Keharmonisan Keluarga

Reporterjabar.com, Subang - Guna meningkatkan tali silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab Subang mengadakan pertemuan rutin di Aula Gedung BP4D, Kamis (11/11/2021).

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan dari berbagai OPD maupun Kecamatan se-Kabupaten Subang yang hadir secara virtual.

Acara tersebut dipadukan dengan pembekalan materi dengan tema Komunikasi Harmonis Dalam Keluarga dari Lembaga Psikologi Cahaya Hati Ny. Nurina., Mpsi., CHA, CGA.

Ketua Dharma Wanita Persatuan BP4D yang juga selaku penyelenggara kegiatan tersebut Fera Maulidya Rubianto mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan rutinan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Subang.

Sementara itu Ny. Siti Nuraeni Nuroni selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab Subang dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya atas kehadiran para pengurus Dharma Wanita Persatuan baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual. Dirinya pun mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut pada nantinya bisa dipetik beberapa hikmah dan manfaat.

Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat selaku penasihat Dharma Wanita Persatuan Kab Subang mengatakan merunut pada tema kegiatan hari ini bahwa komunikasi merupakan suatu hal yang sangat berdasar dalam kehidupan manusia, bahkan komunikasi telah menjadi fenomena bagi terbentuknya suatu masyarakat atau komunitas yang sudah terintegrasi dengan informasi dimana individu dalam masyarakat sudah saling membagi informasi untuk mencapai suatu tujuan dari hasil penyampaian orang yang menyampaikan pesan untuk si penerima pesan. 

Begitupun dalam lingkup keluarga, Mimih sapaan akrab Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat mengatakan komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dimana Komunikasi keluarga sebagai komunikasi yang terjadi dalam sebuah keluarga yang merupakan cara seorang anggota keluarga untuk berinteraksi dengan anggota lainnya, sekaligus sebagai wadah dalam membentuk dan mengembangkan nilai-nilai yang dibutuhkan, utamanya terhadap pengembangan sikap dan potensi anak. 

Dirinya pun menekankan bahwa keluarga sangat menentukan arah seorang anak kedepannya dengan bimbingan yang kita berikan secara baik dan positif demi meraih masa depan yang cerah.

Pada kesempatan tersebut Ny. Nurina., S.Psi ,Mpsi., CHA, CGA. selaku pemateri mengatakan Komunikasi dalam rumah tangga adalah poin penting agar rumah tangga bisa berjalan harmonis. Kehidupan berumah tangga adalah sebuah kehidupan yang kompleks dimana beberapa pasangan sering mengabaikan tentang fungsi komunikasi, terutama komunikasi langsung. Padahal hal ini sangat penting untuk memecahkan setiap masalah yang mungkin muncul dalam rumah tangga. 

Dirinya pun membagi beberapa poin Komitmen dalam keluarga yang dapat menjadi acuan untuk terus membuat keharmonisan dalam keluarga bisa terus terjaga yakni :
• Membuat Aturan atau rambu-rambu dalam keluarga
• Sepakati Pembagian Peran
• Saling menjaga Amanah dan nama baik pasangan
• Memberi ruang untuk muhasabah diri

Selain itu dirinya pun menekankan untuk terhadap keluarga untuk menerapkan sistem The Power of Saling yakni, Saling Membantu, Saling Mencintai dan memaafkan, Saling menerima dan memahami, Saling menjaga dan melengkapi dalam sebuah hubungan di lingkungan Keluarga.

Ny. Nurina juga menyampaikan bahwa sebuah Pernikahan bukanlah sebuah perlombaan karena dibalik dinding-dinding Rumah Tangga memiliki keunikan yang menyenangkan. Untuk itu salah satu kunci dalam membentuk keluarga yang harmonis adalah dengan komunikasi. Bertanya, bercerita, dan mengutarakan apa yang dirasakan kepada pasangan. Pola komunikasi dalam rumah tangga akan menentukan bagaimana harmonisnya keluarga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Subang, Pengurus DWP BP4D KABUPATEN Subang, seluruh pengurus DWP OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers