Bupati Subang Soft Opening Dewi Manggung

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat atau biasa dipanggil Kang Jimat didampingi istri Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat hadir sekaligus membuka Soft Opening Bukit Dewi Manggung, Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjungsiang, Sabtu (27/11/2021).

Dewi Manggung adalah sebuah lokasi pariwisata baru di Kabupaten Subang. Dewi sendiri merupakan sebuah singkatan dari Desa Wisata, dan Manggung sendiri berarti Tampil. Pada acara tersebut, ditampilkan hiburan rakyat tradisional seperti penampilan pencaksilat, sisingaan, kuda renggong, pertunjukan seni musik daerah, prosesi panen huma dan lain sebagainya.

Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Dewi Manggung Kang Udan dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini Desa wisata telah bersinergi demi subang Jawara Wisata. Desa Wisata ini juga merupakan suatu bentuk kepedulian pokdarwis terhadap subang sejak dari 2016.
Dibukanya Dewi Manggung ini juga merupakan tindak lanjut dari "Ngopi" bareng Menparekraf Sandiaga Uno beberapa bulan yang lalu.

Sementara itu Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara acara dan para penggiat Pariwisata Kabupaten Subang. Kang Jimat juga menyampaikan bahwa acara "Ngopi" bareng Menparekraf Sandiaga Uno adalah salah satu upaya memperkenalkan dan menumbuhkan potensi pariwisata di Kabupaten Subang.

Kang Jimat berharap Dewi Manggung bisa menjadi objek pariwisata yang memberikan manfaat untuk masyarakat Kabupaten Subang umumnya dan khususnya masyarakat Tanjungsiang. Kang Jimat juga menitipkan kepada perangkat desa untuk mempersiapkan masyarakat dalam memasuki industri pariwisata juga memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan yang akan hadir mengunjungi Dewi Manggung maupun tempat wisata lainnya. "Saya minta masyarakat umum maupun lembaga, berikanlah berikan pelayanan yang baik sehingga memberikan kesan positif kepada para wisatawan", ujar Kang Jimat.

Sementara itu Dr. Sumiati ketua umum ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies) mengucapkan apresiasi atas apa yang diselenggarakan, dirinya menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dan Menparekraf sangat mendukung dan konsern terhadap pariwisata. Dirinya juga mengajak untuk bergandeng tangan, untuk memajukan pariwisata. Dr. Sumiati menyampaikan bahwa Dewi manggung menjadi angin segar bagi pariwisata kabupaten subang.

Hadir pada acara tersebut Kepala Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu, Perwakilan Kemenparekraf, Perwakilan Kementerian Perdagangan, Kepala Dinas kehutanan Jawa Barat, Kadisparpora Kabupaten Subang, Camat dan Para Kepala desa serta tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers