Bupati Subang Membuka dan Ikuti DELTA

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat membuka DELTA (Diskusi kelompok terarah) lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat STIE Sutaatmadja, di Ruang Rapat Segitiga, Rumah Dinas Bupati, Jumat (19/11/2021).

Diskusi tersebut bertema Tata kelola lahan HGU PTPN 8 untuk pengembangan agrowisata, dengan narasumber Hikmat Agustian dan Hikmat Eka Karyadi dari Agrowisata PTPN VIII. 

Akademisi STIESA Gugyh Susandi menyampaikan bahwa diskusi tersebut akan diselenggarakan secara rutin untuk membahas isu-isu krusial di Subang. Gugyh menyampaikan bahwa Akademisi harus iku andil dalam pembangunan dan pemecahan masalah di subang.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada STIESA yang telah mengadakan diskusi kelompok terarah tersebut. Kang Jimat menyampaikan bahwa akan mendukung segala kegiatan positif yang membangun dan semangat untuk inovasi, berpikir jauh kedepan untuk Kabupaten Subang.

Kang Jimat juga menyampaikan pengelolaan pariwisata di PTPN VIII atas HGU sesuai dengan
Peraturan Daerah No 22 tahun 2010 tentang Rencana tata ruang wilayah provinsi Jawa Barat 2009-2029. Kang Jimat mengatakan bahwa tara ruang agrowisata tersebut harus berada dalam koridor dengan Strategi :
1. Menempuh prosedur tata kelola HGU perkebunan untuk menjadi kawasan agrowisata sesuai regulasi
2. Memperhatikan dampak lingkungan
3. Mengembangkan sarana dan prasana d seluruh objek wisata
4. Memperhatikan Akses infrastruktur jalan menuju objek wisata
5. Mengamankan konservasi kawasan lindung
6. Penyaluran CSR diutamakan untuk masyarakat
7. Mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

Kang Jimat berharap dengan adanya diskusi ini dapat menghasilkan formula terbaik dalam hal agrowisata. Kang Jimat juga mengajak berbagai kalangan di Kabupaten Subang untuk bersinergi untuk membangun Subang, "Mari bersinergi bahu membahu membngun Kabupaten Subang, dan menjaga kelestarian alam sekitar.

Turut hadir secara langsung pada kesempatan tersebut Kadis Pertanian, dan hadir secara virtual Dosen dan Akademisi Stiesa, serta para undangan lainnya. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers