Bupati Subang Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Se-Kabupaten Subang

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kabupaten Subang, di Aula Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati, Rabu (17/11/2021).

Pengukuhan ini sendiri dipimpin langsung oleh Bunda PAUD Kab. Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat. Sesuai dengan SK Camat se-Kabupaten Subang Bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan yang dilantik sebanyak 30 orang sesuai SK Nomor 01-030 tentang pengangkatan pengesahan pelantikan pengurus Forum Pengembangan Anak Usia Dini masa bakti 2021-2023.

Kegiatan ini juga bertema FPAUDI adalah 3S (Solid, Sinergi, Steady) "Menguatkan dan menyatukan organisasi mitra profesi Guru PAUD, mewujudkan kolaborasi dengan semua pihak pemangku kepentingan, dan menghasilkan kemajuan anak dan kemapanan para Guru."

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan buah tangan kepada perwakilan bunda PAUD, pembacaan naskah pengukuhan Bunda PAUD, serta pemasangan selempang kepada perwakilan Bunda PAUD yang menandai telah dikukuhkannya Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kabupaten Subang. Selain itu dilaksanakan pula pelakaanaan kreasi oleh anak-anak PAUD, penyerahan hadiah juara lomba dongeng serta penandatanganan MoU dengan Komunitas EKRAF dan Kampung dongeng Bandung Raya.

Bunda PAUD Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat dalam sambutannya menyampaikan FPAUD merupakan organisasi nirlaba sebagai wadah koordinasi, komunikasi, diseminasi informasi serta pengetahuan, advokasi dan pengembangan serta pemberdayaan organisasi profesi guru pada tingkat pendidikan usia dini.
Hj. Yoyoh juga menyampaikan bahwa dengan kerjasama bersama berbagai pihak, FPAUD berencana membuat 5 langkah besar yaitu meningkatkan kreativitas, pengembangan startup bagi guru dan siswa paud, pembangunan sistem informasi dan promosi, pembuatan film edukasi, serta membangun pangkalan data PAUD.

Pengurus Forum Bunda PAUD Jawa Barat Dr. Rudiyanto, S.Pd., M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengukuhan dan pelantikan pengurus FPAUD kecamatan dan desa/kelurahan se-Kabupaten Subang. Ia menambahkan bahwa dengan dikukuhkan sekaligus dilantiknya bunda PAUD tersebut sebagai satu penanda bagaimana melakukan gerakan paud berkualitas sesuai Perpres Nomor 60 tahun 2013.
"Selain itu kita juga ada tugas baru terkait penanganan Stunting yang nantinya menjadikan paud berkualitas, khususnya di Kabupaten Subang," lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bunda PAUD menjadi salah satu kekuatan bagi dinas pendidikan. Tatang juga menyampaikan, saat inj Pemerintah melalui kemendikbud membuat sebuah kebijakan/terobosan yaitu bernama "merdeka belajar", yang mana program ini memberikan kebebasan anak untuk berkembang sesuai minat dan bakat. Dirinya menyampaikan Keberhasilan anak bermula dari bundanya, karena bunda menjadi rolemodel.

Sementara itu Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada ketua HIMPAUDI yang telah mempersiapkan acara ini. Dirinya juga menyampaikan atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan rasa bangga dan terima kasih karena bunda PAUD telah membantu pemerintah untuk mengubah moral anak bangsa. Kang Jimat menginginkan dengan adanya bunda PAUD, anak anak di Kabupaten Subang memiliki moral yang lebih baik. "Mudah-mudahan apa yang ibu ibu karyakan apa yang ibu ibu perbuat dalam mendidik anak anak dan cucu kami menjadi ibadah" Ujar Kang Jimat.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Daerah 1 bidang kesejahteraan rakyat, kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Bunda PAUD se-Kabupaten Subang, serta para pengurus bunda PAUD se-Kabupaten Subang yang hadir secara virtual. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers