Bunda Literasi Anggap Penting Budaya Membaca

Reporterjabarm.com, Subang - Bunda Literasi Kabupaten Subang, Yoyoh Sopiah Ruhimat menganggap penting literasi bagi kehidupan masyarakat terlebih budaya membaca sudah harus diterapkan sejak dini. "Karena memang literasi bukan hanya sekedar tentang apa dan bagaiman kita mengembangkan minat baca masyarakat, namun juga tentang bagaimana cara berpikir masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan. "Sementara kondisi real di masyarakat, budaya literat ini masih kurang," ujarnya saat membuka Perlombaan Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Subang di Halaman Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang, Rabu (17/11/2021).

Dalam rangka menggeliatkan semangat dan kesadaran tentang pentingnya menghidupkan kembali literasi baca dan mewujudkan Kabupaten Subang sebagai kabupaten literasi kegiatan tersebut digelar setelah lama vakum akibat masa pandemi Covid 19.

Dirinya pun mencontohkan bahwa berkaca dari hasil survey lembaga-lembaga pemerhati tingkat literasi Negara-negara di dunia, yang menunjukan posisi literasi baca kita pada posisi yang masih tertinggal jauh dari Negara-negara tetangga. Yang harus dipahami pula bahwa budaya baca adalah salah satu indikator budaya bangsa yang maju. Artinya dimana masyarakat suatu Negara atau suatu wilayah sudah gemar membaca maka masyarakat/bangsa tersebut akan menjadi masyarakat yang menghantarkan negaranya menjadi Negara yang semakin maju.

Mimih pun berharap dengan kembali menggeliatkan semangat dan kesadaran semua lapisan masyarakat tentang pentingnya literasi membaca. 
"Mudah-mudahan dengan digelarnya kegiatan lomba bercerita ini, dapat menghidupkan kembali literasi baca apalagi tema yang akan diusung dalam lomba ini adalah tentang berbagai cerita yang berbasis para cerita rakyat, yang lahir dari budaya masyarakat Jawa Barat. Ini menjadi point penting dan luar biasa, karena selain literasi baca tulis kita pun mengenal literasi budaya yang juga harus dijaga dan dilestarikan oleh kita, agar anak cucu kita kelak tidak pernah melupakan jati diri dan budayanya sendiri. Dan dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Lomba Bercerita Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2021 dengan resmi saya buka" ujarnya seraya menutup sambutan.

Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab Subang Dr. Drs. H. Yayat Sudrajat.,MM.M.Si mendukung penuh kegiatan tersebut terlebih hal tersebut mencakup literasi baca bagi masyarakat yang sangat penting untuk kemajuan bangsa, selain itu dirinya pun mengajak kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk datang ke Kantor Dinasnya masih berada dalam lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. 

"Silahkan manfaatkan dan gunakan sebaik-baiknya. Jangan sungkan untuk mengunjungi dan memanfaatkan semua buku dan fasilitas yang ada di dalamnya. Dan perpustakaan ini menjadi salah satu barometer melek baca dan tingkat intelektualitas masyarakat subang. Semakin banyak dan semakin ramai perpustakaan ini berarti semakin tinggi tingkat budaya baca dan intelektualitas masyarakat kita. " ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab Subang berserta jajarannya, Para Pengurus TP PKK Kab Subang, serta Para Peserta Lomba dan Guru pendamping.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers