Zona 5 PHE ONWJ Raih Penghargaan Subroto Award 2021 Bidang Efisiensi Energi Kategori Manajemen Energi

 


Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina melalui Zona 5 PHE ONWJ meraih penghargaan Subroto Award 2021 di Bidang Efisiensi Energi kategori Manajemen Energi di Gedung dan Industri pada Inovasi Khusus. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif kepada Achmad Agus Miftakhurohman selaku General Manager (GM) PHE ONWJ secara online pada Selasa (28/09). 


Penghargaan tersebut diperoleh PHE ONWJ atas keberhasilannya menciptakan inovasi efisiensi energi dari pencegahan kehilangan produksi migas di turbine generator set di anjungan Papa atau disebut “SI KETHIP OW”. GM PHE ONWJ menyampaikan, keberhasilan ini merupakan kerja keras tim yang terus melakukan inovasi untuk keberlanjutan perusahaan dan penghargaan ini sebagai semangat bagi semua perwira Pertamina. 


Sebagaimana yang disampaikan Arifin Tasrif, bahwa pengelolaan energi yang baik harus menjadi perhatian bagi setiap industri. “Melalui penghargaan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat para stakeholder dalam menciptakan teknologi dan inovasi penghematan energi”, pesan Arifin.


Inovasi SI KETHIP OW hadir sebagai bukti komitmen manajemen PHE ONWJ untuk berkontribusi dalam aksi perubahan iklim global. Inovasi ini mampu menghemat energi sebesar 1.066 GJ sekaligus mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (CO2) sebesar 3% dengan total 29.42 ton CO2 eq selama periode tahun 2015- 2020. 


SI KETHIP OW ini juga dapat meningkatkan kehandalan dan menghemat energi pembangkit listrik yang dikembangkan PHE ONWJ yang berdampak ke optimalisasi produksi minyak sebesar 1.861 Barel.  Saat ini, SI KETHIP OW sudah dimutakhirkan menjadi versi 3 dan berhasil direplikasi di Anjungan Echo.


Subroto Award merupakan penghargaan tertinggi di lingkup Kementerian ESDM yang diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik, sebagai cerminan dedikasi Professor Subroto selaku Menteri Pertambangan dan Energi periode 1978-1988 yang telah memajukan sektor energi Indonesia.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers