YPKP Siap Berikan Layanan Bantuan Hukum

Reporterjabar.com - Yayasan Pengembangan Keteladanan Pamanukan (YPKP) membentuk Kantor Hukum yang memberikan layanan Perlindungan Konsumen dan Bantuan Hukum.

Acara peresmian kantor hukum, yang berdiri di Jalan H. Ikhsan (Samping PTC Pamanukan) dihadiri Ketua Dewan Pembina YPKP yang juga Rektor Universitas Ekasakti Padang, Dr.Otong Rosadi, SH, M.Hum, Ketua Yayasan Sunengsih, ST, serta seluruh staf yang terlibat di dalam kantor hukum yang akan fokus membela konsumen dan masyarakat kecil tersebut.

Direktur Kantor Hukum YPKP, Ardi Warminggo Saputra, S.H., menyebutkan bahwa kantor Hukum YPKP akan fokus membantu rakyat kecil dan pencari keadilan yang selama ini selalu berada dalam posisi sulit. Terutama bagi warga yang hak-hak terampas, konsumen yang dirugikan, pekerja yang tak memperoleh haknya, termasuk anak dan perempuan yang rentan dari tindakan pelanggaran hukum.

"Pendirian Kantor Hukum YPKP, selain fokus membantu masyarakat kecil. Juga sebagai sumbangsih anak bangsa untuk pembangunan hukum nasional," kata Ardi Warminggo, Alumnus Fakultas Hukum Universitas Ekasakti di Padang.

Menurut Ardi, perbedaan Kantor Hukum YPKP dengan organisasi bantuan hukum yang sudah ada, lainnya yaitu Kantor Hukum YPKP lebih mengutamakan membantu pendampingan hukum untuk masyarakat kecil yang benar-benar membutuhkan keadilan

"Dalam tugasnya nanti kami membantu rakyat kecil, yang membutuhkan bantuan hukum atau keadilan," ucapnya. 

Ardi menerangkan, Tim yang terlibat didalam Kantor Hukum YPKP terdiri dari para advokat muda dan paralegal ini, mempunyai tiga bidang: advokasi (baik litigasi dan non-litigasil;  bidang Perlindungan Konsumen, Anak dan Perempuan; dan Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Publikasi."

"Para advokat muda, paralegal dan staf yang relatif muda ini, dibekali motivasi dan dibimbing langsung oleh seniornya. Sehingga niat mereka hanya satu yakni menolong para pencari keadilan murni yang masih terasa dipinggirkan atau ketidakadilan terhadap kaum lemah," ungkapnya lagi.

Ke depan, selain membuka dan melayani bantuan hukum bagi masyarakat, Kantor Hukum YPKP siap memberikan pelatihan hukum dan membantu para mahasiswa hukum untuk belajar memperdalam ilmu hukum melalui magang dan pelatihan paralegal.

"Sebelum Kantor Hukum YPKP dibuka hari ini, kami sudah banyak menerima pengaduan dari masyarakat Subang dan sekitarnya terkait kasus penipuan atau investasi bodong dengan nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah," tuturnya.

Ardi berharap, Kantor Hukum YPKP mampu mewujudkan impian keadilan bagi para pencari keadilan khususnya di Kabupaten Subang yang sedang terus membangun melalui jargon Subang Jawaranya ini.

"Kita akan membela dan mengupayakan keadilan bagi kepentingan rakyat kecil terpinggirkan, Terutama mereka yang selama ini terdzolimi hak-haknya" Pungkas Direktur Kantor Hukum YPKP

Peresmian Kantor Hukum YPKP Pamanukan ditandai dengan iringan doa Ustadz Ukrana Asyuyuti, dan pemotongan tumpeng oleh Pembina Yayasan.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers