Wakil Bupati Tandatangani Kolaborasi Pentahelix

Reporterjabar.com, Subang - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi melaksanakan deklarasi kolaborasi pentahelix "Menuju Ending AIDS 2030" serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat secara virtual di ruang transit aula Pemda Subang. Kamis (28/10/21).

Wakil Bupati Subang menandatangani deklarasi pentahelix tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan upacara hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Bupati Subang bersama dengan mitra strategis antara academic, business (pihak swasta/bisnis/dunia usaha), masyarakat/komunitas peduli AIDS, pemerintah , media untuk mewujudkan ending AIDS 2030 di Kabupaten Subang.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang Dr. Nuraida menyampaikan bahwa jumlah kasus infeksi HIV AIDS di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat hingga bulan Juni tahun 2021 sebanyak 51.553 kasus HIV dan 11.722 kasus AIDS. Epidemi HIV AIDS di Kabupaten Subang masuk epidemic terkonsentrasi dan terus mengalami peningkatan hingga menyebar kepada populasi ibu rumah tangga. Jumlah kasus infeksi HIV AIDS di Kabupaten Subang dari tahun 1999 hingga bulan Juni tahun 2021 sebanyak 2.408 kasus HIV AIDS.

Kolaborasi pentahelix dilakukan sebagai kemitraan strategis antara akademisi, pihak swasta, komunitas, pemerintah dan media melalui Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) dengan mendorong kolaborasi dari seluruh sector untuk meningkatkan kebijakan program dan kebijakan anggaran dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HID AIDS yang berkelanjutan melalui penyusunan dokumen daerah (rencana aksi daerah), ikut berperan serta dalam upaya nyata program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Subang melalui inovasi dan kolaborasi untuk pemenuhan target standar pelayanan minimum bidang kesehatan, indicator target orang dengan resiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia. 

Kolaborasi pentahelix juga untuk melaksanakan percepatan program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS melalui strategi 3 zero (zero new infection, zero AIDS related death, zero discrimination) dan pendekatan perubahan perilaku pada setiap tahapan promotif, preventif, kuartif dan rehabilitative di Kabupaten Subang.

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur berkomitmen dan mendukung penuh kolaborasi pentahelix akademisi, dunia usaha, komunitas, masyarakat, pemerintah dan media dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS melalui kebijakan program dan anggaran untuk pemenuhan target SPM bidang kesehatan dan ending tri zero, yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat kondisi AIDS dan tidak ada stigma dan diskriminasi bagi orang dengan HIV AIDS pada tahun 2030 di Kabupaten Subang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni, perwakilan dari Bank BJB, Komunitas warga peduli AIDS, media dari Galamedia dan Pasundan Ekspres, forum anak daerah.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers