Sekda Subang Terima Bantuan Alsintan dari DPR RI Komisi IV

Reporterjabar.com, Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos, M.Si. mewakili Bupati Subang menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, SE, M.Si terkait pemberian bantuan Alsintan untuk Sektor pertanian Subang di Aula Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang, Kamis (28/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut diserahterimakan secara simbolis sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 31 kelompok tani se-Kabupaten Subang berupa traktor roda empat 4 untuk 4 kelompok tani dan traktor roda 2 untuk 10 kelompok tani (dengan spesifikasi 6,5 dan 8,5 PK), serta pompa air untuk 17 kelompok tani.

Alsintan atau alat mesin pertanian bermanfaat untuk membantu para petani dalam mengolah lahan dan produk pertanian, sehingga proses pengolahan lahan, panen dan pasca panen menjadi lebih cepat dan efisien.

Menurut Sutrisno, dirinya berterima kasih kepada Kang Jimat dirinya mengungkapkan baru kali ini hadir di pendopo rumah dinas bupati, ia juga berpesan kepada perwakilan kelompok tani, baru kali ini bantuan diberikan langsung di rumah dinas Bupati, karena kasih sayang bupati kepada masyarakatnya.

Sutrisno menambahkan Kang Jimat bercita-cita ingin membuat masyarakat Subang jaya, istimewa dan sejahtera, untuk itu H. Sutrisno mengajak para kelompok tani untuk bergotong royong dan memanfaatkan momentum perkembangan industri dan pertanian agar bisa memajukan Subang, karena kunci sukses pembangunan adalah sinergi yang terjalin dengan baik antara masyarakat dengan pemerintah.

Sutrisno juga mengutarakan Menteri Pertanian pada Perayaan Hari Pangan Sedunia 25 Oktober di Cirebon menyatakan 2,79% pertumbuhan pertanian di masa pandemi didukung oleh faktor iklim Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa sehingga mendorong tumbuhnya sektor pertanian dan perkebunan. 

Sutrisno berpesan untuk bantuan yang telah diberikan agar dimanfaatkan bersama-sama, ia menghimbau jangan sampai fasilitas yang sudah ada tidak digunakan karena penggunaan alsintan dapat menunjang produktivitas yang tinggi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, dra. Nenden Setiawati, M.Si. menyambut baik kedatangan H. Sutrisno dan bantuan alsintan yang diberikan. Nenden merasa bersyukur rakyat Subang terus mendapat perhatian dari Sutrisno walaupun bukan berasal dari Subang, ia menyatakan selain alsintan, pihaknya mendapat aspirasi kopi dan jagung dari Sutrisno.

Nenden juga menghaturkan apresiasi dan terima kasihnya untuk H. Adik dan H. Dang Agung yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Subang. "Terimakasih atas dukungannya kepada Haji Adik dan Haji Agung yang terus berkoordinasi dengan Pak Haji Sutrisno hingga bantuan ini dapat diterima oleh kami." Tutur Nenden.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Subang Kang Asep Nuroni yang mewakili Bupati Subang menghaturkan rasa terima kasih, terlebih, setiap pertemuan dengan H. Sutrisno selalu memberikan bantuan untuk pertanian Subang.

Kang Asep Nuroni menyampaikan amanat dari Kang Jimat yang berterima kasih atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang atas bantuan yang diberikan. Kang Jimat berpesan walaupun Subang sudah masuk kedalam era industri, namun tidak boleh menghilangkan jatidiri Subang sebagai daerah lumbung padi nasional.

Kang Jimat juga berpesan bantuan alsintan sangat berarti, karena akan mengubah pola pikir generasi muda tentang pertanian. Dengan alsintan, tidak ada lagi kesan kotor dan melelahkan saat bertani, serta dapat menjadi peluang baru untuk mereka yang kreatif.

Kang Jimat menghimbau para kelompok tani yang menerima bantuan alsintan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat beraktivitas walaupun tidak ada pembatasan di sawah. Petani harus tetap sehat karena sektor pertanian adalah sektor kritikal di tengah pandemi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPC PDIP kabupaten Subang H.Maman Yudia, H. Dang Agung, dan H. Adik anggota DPRD Kabupaten Subang, jajaran Dinas Pertanian Subang

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers