Kunker Bupati Subang Serahkan Bantuan Pendidikan dan Pertanian

Reporterjabar.com, Subang - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kecamatan Pusakajaya Bupati Subang H. Ruhimat lakukan silaturahmi sekaligus serap aspirasi dan penyerahan berbagai bantuan sosial untuk warga Kecamatan Pusakajaya di Kantor Desa Cigugur, Selasa (12/10/21).

Berbagai rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kecamatan Pusakajaya dimulai dari acara peninjauan vaksinasi, pemberian bantuan stimulan, bantuan sosial tunai, bantuan Rutilahu Provinsi Jabar Tahun Anggaran 2021, bantuan sembako jaring pengaman sosial, serta pemberian bantuan penerima manfaat pekarangan pangan lestari (P2L) sumber dana DAK non fisik tahun 2021 dari Dinas Ketahanan Pangan kepada KWT Melati Cika Desa Cigugur Kaler sebesar Rp. 55.000.000.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari Dinas Pertanian berupa pupuk organik cair kepada Kelompok Tani Lamaran Desa Cigugur, bantuan 1 unit pompa air kepada Kelompok Tani Mulya Desa Cigugur, dan bantuan pestisida Kelompok Tani Lodong Desa Cugugur.

Adapun penyerahan bantuan stimulan tingkat RT sebesar 10 Juta rupiah/RT diberikan kepada 40 RT dari 164 RT se Kecamatan Pusakajaya diantaranya Desa Bojong Tengah (2 RT), Desa Bojongjaya (3 RT), Desa Cigugur (7 RT), Desa Cigugur Kaler (3 RT), Desa Karanganyar (7 RT), Desa Kebondanas (6 RT) Desa Pusakajaya (9 RT) dan Desa Rangdu (3 RT).

Dalam sambutannya Camat Pusakajaya, Drs.Vino Subriadi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bupati Subang yang telah melaksanakan berbagai program perbaikan insfrastruktur dan penyaluran bantuan sosial di wilayah Kecamatan Pusakajaya.

Dirinya juga melaporkan bahwa proses vaksinasi di Kecamatan Pusakajaya telah mencapai 25%. "Semoga dengan gebyar vaksin yang dilaksanakan hari ini capaian persentase vaksinasi bisa meningkat dan subang kembali mencapai level 2," ujarnya.

Sementara itu dalam upaya peningkatan di sektor pendidikan, dirinya mengharapkan agar di Kecamatan Pusakajaya segera dibangun untuk Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Mengingat akses anak-anak untuk menuju SMA terdekat harus melintasi jalan nasional yang padat akan lalu lintas kendaraan. Selain itu para pelajar dari Kecamatan Pusakajaya juga telah menyumbang berbagai penghargaan.

Di akhir sambutannya pihaknya juga mengajak kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Pusakajaya untuk senantiasa mendukung program Bupati Subang dalam mewujudkan Subang Jawara.

Sementara itu dalam sesi obrolan bersama Kang Jimat (Omat), Kang Jimat menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi masyarakat Kecamatan Pusakajaya dalam program vaksinasi dan berharap Kabupaten Subang dapat kembali mengejar ke level dua.

Dalam diskusinya dirinya pun menyampaikan permohonan maaf kepada warga masyarakat Kecamatan Pusakajaya karena setelah dua tahun lebih dirinya baru menyempatkan untuk bersilaturahmi.

Kang Jimat menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya tersebut selain untuk bersilaturahmi juga mengawal bantuan APBD, dalam rangka pemulihan ekonomi.

Kang Jimat menambahkan bahwa untuk wilayah Pusakajaya sehubungan dengan kondisi covid-19 banyak program pembangunan yang ditunda dikarenakan dana desa yang dialokasikan untuk keperluan sembako dan bantuan sosial.

Sementara itu berkaitan dengan pembangunan Infrastruktur di sektor pendidikan di Kecamatan Pusakajaya Kang Jimat menyampaikan apresiasi kepada Camat Pusakajaya beserta masyarakat atas keinginannya untuk membangun SMA/SMK.

Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari upaya merealisasikan  pembangunan sarana infrastruktur di Pusakajaya " Mohon dukungan dari berbagai pihak dan  semoga segera terwujud," ujar Kang Jimat.

Menutup rangkaian Omat acara dilanjutkan dengan peresmian bangunan Yayasan dan mesjid Zamzam di Desa Cigugur Kecamatan Pusakajaya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Subang sekaligus istri Bupati Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rahmat Effendi, Kalak BPBD H. Hidayat, Kadis Pertanian Dra. Nenden Setiawati, M.Si. perwakilan Dispemdes, Perwakilan Dinas Sosial, Perwakilan DKUPP, Perwakilan Dinas PUPR, perwakilan DPRD Subang, unsur Muspika Kecamatan Pusakajaya dan seluruh kepala desa perwakilan RT Se Kecamatan Pusakajaya baik langsung maupun secara virtual. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers