Jabar Bergerak Kabupaten Subang Salurkan Bantuan Donasi Untuk Anak Disabilitas Berat

Reporterjabar.com, Subang - Pengurus Jabar Bergerak Kabupaten Subang di bawah kepemimpinan Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menyerahkan bantuan donasi untuk anak disabilitas di wilayah Kecamatan Subang dan Kecamatan Cipunagara. Selasa (5/10/2021) 

Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat selaku ketua Jabar Bergerak Kabupaten Subang yang sekaligus istri dari Bupati Subang H. Ruhimat menerima laporan mengenai salah satu warga nya yang masih anak anak mengalami  disabilitas berat. "Setelah menerima informasi dari pihak setempat, kami pihak Jabar Bergerak Kabupaten Subang langsung merespons informasi tersebut dan berkordinasi dengan pengurus sigap langsung berkunjung." Ujarnya. 

Pengurus Jabar Bergerak pertama-tama berkunjung kerumah ananda Alka yang berusia sepuluh tahun, dan Akhtar berusia tiga tahun, mereka merupakan Adik Kaka putra dari pasangan Bapak Asep dan Ibu Susi Widiastuti yang beralamat di Blok Sukajadi RT 41 RW 12 Kelurahan Soklat Kecamatan Subang. 

Alkha mengalami penyakit epilepsi pada saat usia satu tahun, yang akhirnya saraf nya terganggu dan tidak bisa beraktivitas selayaknya orang orang atau yang biasa di sebut Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB). Orang dengan kecacatan tersebut tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan/atau sepanjang hidupnya tergantung pada bantuan orang lain, dan tidak mampu menghidupi diri sendiri. sehingga Alkha hanya bisa bertahan hidup dengan mengandalkan bantuan dari orang lain. Sedangkan adiknya yang bernama Akhtar yang berusia tiga tahun, mengalami gangguan disabilitas berat sejak beberapa bulan setelah lahir. 

Kunjungan kedua Pengurus Jabar Bergerak berkunjung ke rumah ananda Rizky Ardiansyah, putra dari pasangan Bapak Satam dan Ibu Yayah yang beralamat di Kp. Sumberjaya RT 16 RW 05 Desa Wanasari Kecamatan Cipunagara. Ananda Rizky mengalami gangguan tumor di bagian lutut sebelah kanan, awal mula mengalami gangguan tersebut berawal dari jatuh sewaktu bermain bola setahun yang lalu. 

Jabar Bergerak Kabupaten Subang bekerja sama dengan BJB, PDAM Kabupaten Subang dan Bank Subang memberikan santunan untuk meringankan beban keluarga. Sebagai bentuk kepedulian dan rasa prihatin terhadap keluarga korban. kolaborasi tersebut  merupakan bentuk dari kecintaan (selaku donatur) untuk masyarakat lainnya yang membutuhkan pertolongan. 

Hj. Yoyoh Ruhimat pun memberikan dukungan kepada pihak keluarga, sekaligus serta mendoakan semoga cepat sembuh. "Dengan semangat, orangtua dapat menularkan energi positif bagi anak. Kita doakan adik Kaka Ananda Alka dan Akhtar, dan juga ananda Rizky Ardiansyah bisa lekas sembuh," Ujarnya. 

Sementara itu ibu Susi Widiastuti orang tua dari Ananda Alka dan Akhtar menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan bantuan untuk meringankan beban keluarga, khususnya untuk Alka dan Akhtar yang saat ini membutuhkan pertolongan dan perhatian lebih dalam kesembuhannya. selain itu, dirinya juga menyampaikan pesan untuk seluruh orang tua yang memiliki anak yang memiliki keterbatasan untuk tetap mengurus anak dengan baik. "Kalau bukan kita sebagai orang tua, siapa lagi yang mengurus dan menjaga anak kita.  Keterbatasan ini jangan di jadikan kekurangan tapi menjadikan kelebihan kita yang memiliki anak yang istimewa ini. Jangan sampai di telantarkan, kita harus ikhlas, karena itu titipan Allah SWT dan jangan disia-siakan," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers