Bupati Subang Hadiri Silaturahmi dengan BUMDES Sidajaya dan PT Vietindo Jaya

Reporterjabar.com, Subang - Seusai kegiatan OMAT, Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri silaturahmi dengan perwakilan PT Vietindo Jaya selaku offtaker penyedia PT Food Station di Desa Sidajaya, Kecamatan Cipunagara, Selasa (26/10/2021).

Mohamach Abdoulla selaku direktur PT Vietindo dan Urip selaku direktur Bumdes Sidajaya memberikan presentasi mengenai program kemitraan dengan petani pemilik lahan di kawasan Kecamatan Cipunagara.

Sistem program yang ditawarkan adalah kemitraan inklusif dengan petani pemilik lahan dengan sistem bagi hasil dari PT Vietindo dengan petani pemilik lahan di PT Cipunagara, yang nanti hasilnya akan dibeli oleh PT Food Station dengan harga yang telah disepakati.

Mohamach mengungkapkan programnya bisa menjadi solusi bagi petani pemilik lahan, bahkan untuk buruh tani, karena sistem kerjasama inklusif yang ditawarkan tidak memberikan uang tunai, karena pemberian uang tunai cenderung dipakai untuk konsumtif, pihaknya menawarkan sharing profit, dengan rasio 3:1 atau 75% untuk pemilik lahan, 25% persen untuk perusahaan.

Kemitraan ini juga memberikan proteksi jika terjadi gagal panen, maka petani tidak akan dibebankan hutang, karena program ini diasuransikan oleh Jasindo, dengan premi 3,5% dari nilai pertanggungan per hektar, dan jika ada jika ada kerugian, akan dilindungi secara penuh oleh asuransi.

H. Ruhimat atau juga dikenal sebagai Kang Jimat menyambut baik program ini, dirinya akan mendukung program ini dengan mencoba menyediakan lahan bekerjasama dengan Bumdes. Terutama untuk para buruh tani agar buruh Tani bisa sejahtera.
"Saya ingin maksimalkan Bumdes." Tandas Kang Jimat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pertanian, Camat Cipunagara, dan kepala Desa Sidajaya.
[27/10 15.27] +62 811-1300-592: mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terima kasih 🙏🏻

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers