Bupati Subang Apresiasi Warga yang Hibahkan Tanah untuk Akses Jalan

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H.Ruhimat atau Kang Jimat kembali melaksanakan kunjungan kerja sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dan menyerahkan berbagai bantuan, kali ini dilaksanakan  di Kecamatan Compreng, Taman Hiburan Desa Jatimulya, Kecamatan Compreng, (21/10/2021).

Sebelum tiba di lokasi pemberian bantuan, Kang Jimat menyempatkan meninjau Bangunan SMPN 1 Compreng yang sudah berdiri sejak 1986. Pada kunjungan tersebut, Kang Jimat tampak melihat beberapa bagian bangunan sekolah  seperti plafon yang ambruk serta beberapa fasilitas sekolah yang sudah rusak, Kang Jimat memohon maaf kepada kepala sekolah karena belum bisa memberikan bantuan dikarenakan imbas dari Pandemi. Dirinya mengucapkan terima kasih pada guru-guru tangguh di SMPN 1 Compreng yang tetap memberikan ilmu bagi siswanya di tengah keterbatasan baik dengan menyelenggarakan PJJ maupun PTM.

Dalam kunjungannya, Kang Jimat berkesempatan meresmikan layanan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu) Desa Jatimulya. Kang jimat berharap adanya layanan PATEN dapat meningkatkan kualitas pelayanan administratif kepada masyarakat. 

Dalam Giat Obrolan Bersama Kang Jimat, diserahkan bantuan stimulan ke setiap RT dan jaring pengaman sosial, serta mendengarkan dan menanggapi secara langsung aspirasi dari masyarakat sekaligus menyampaikan visi misi menuju Subang Jawara. 

Dalam Sambutannya, Camat Compreng Sirojudin, S.IP, M.Si. melaporkan bahwa proses vaksinasi di Compreng, dari 42.071 warga, 25.691 orang sudah divaksinasi. Dirinya juga melaporkan, Dusun Rancamulya dan Tanjungsalep adalah dusun yang terjauh di Kec. Compreng yang akses jalannya harus melalui 2 desa. Untuk itu, beberapa warga telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan menuju dusun tersebut.

Sirojudin menambahkan di Kec. Compreng terdapat relawan penggerak kebersihan lingkungan, yaitu bapak Supiyanto yang mengajak masyarakat untuk mengolah sampah popok yang gelnya diolah menjadi pupuk, dan plastiknya diolah menjadi pot bunga, sehingga menjadi nilai ekonomis. 

Dalam giat OMAT tersebut diserahkan Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Sosial tingkat RT, bantuan Benih Nutri Zinc, Benih Korporasi, Benih Ketan, dan Alsintan berupa Mesin Pompa Air dari Dinas Pertanian. Juga di isi penyerahan penghargaan kepada donatur hibah tanah pelebaran jalan usaha tani, penyerahan mobil Jawara bagi Desa Sukatani dan Desa Mekarjaya yang telah melunasi PBB 100%, penyerahan sertifikat tanah redistribusi tahun 2021 kepada warga Desa Mekarjaya, Jatireja dan Kiarasari.

Sementara itu dalam sesi OMAT, Kang Jimat mengapresiasi Supiyanto yang telah menggerakan masyarakat untuk mengolah sampah dan menginisiasikan pembuatan pupuk dan pot bunga dari sampah popok. Selain itu, dirinya juga mengapresiasi para warga yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembukaan jalan menuju dusun Rancamulya dan Tanjungsalep. Dirinya menyampaikan, bahwa apa yang diberikan oleh warga semoga menjadi ladang amal di akhirat kelak.

Kang Jimat menyampaikan, dirinya memahami, para kepala desa ingin mengusulkan pembangunan, tapi dirinya memohon maaf, ia berprinsip untuk memprioritaskan untuk penangangan Covid karena menyangkut nyawa manusia.  Kang Jimat berpesan agar generasi muda Subang dapat fokus dan sungguh-sungguh dalam mempersiapkan SDM Subang yang berkompeten di masa mendatang. "Saya tidak ingin rakyat Subang jadi penonton" Tandas Kang Jimat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh ketua TP PKK Kab Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pertanian, Kalak BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PUPR,  Kabid PMD, Camat Kec. Compreng, Muspika Kecamatan Compreng, Kepala Desa serta RT se-Kecamatan Compreng baik secara langsung maupun secara virtual.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers