Begini Apresiasi Pemda Subang kepada Santri

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Subang, di Lapangan Kemenag Subang, Jumat (22/10/2021).

Peserta upacara santri perwakilan dari beberapa pondok pesantren yang ada di Kabupaten Subang.

Pelaksanaan Upacara Peringatan HSN tahun ini menerapkan protokol kesehatan, seperti jumlah peserta yang terbatas dan memakai masker. Dibacakan Naskah Ikrar Santri, Teks Resolusi Jihad Jawa Madura dan menyanyikan Mars Santri Nasional.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, H. Ruhimat atau Kang Jimat yang juga merupakan Panglima Santri  Subang, dalam sambutannya menyampaikan Peringatan HSN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Kang Jimat menyampaikan tahun 2021 Hari Santri Nasional mengangkat tema 'Santri Siaga Jiwa Raga' yang merupakan suatu sikap dari para santri untuk membela tanah air dengan segenap jiwa raga. tema tersebut relevan di masa pandemi covid 19 saat ini. Kang jimat menekankan para santri hendaknya mendukung dan menerapkan protokol 5M+1D (Doa).

Kang Jimat mengungkapkan apresiasinya terhadap pondok pesantren yang telah melakukan upaya pencegahan penanganan covid-19 di masa pandemi, para santri telah berperan menjadi teladan bagi masyarakat dan bagian dari masa depan bangsa.

Kang Jimat juga menyampaikan kabar gembira bagi  pesantren, yaitu 'Kado Indah'  Presiden RI Joko Widodo, berupa Perpres No. 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan untuk peningkatan kualitas SDM Pendidikan Pesantren. 

Kang Jimat mengungkapkan terima kasihnya kepada para santri, pesantren, pengajar dan kiai, atas peran dan kontribusinya kepada bangsa.

"Mari kita bangun Kabupaten Subang uang kita cintai menjadi Kabupaten yang berkarakter, selamat hari santri  tahun 2021, Santri Siaga Jiwa Raga" Ujar Kang Jimat.

Kang Jimat dalam kesempatan yang sama,  didampingi Wakil Bupati Subang, Kepala Kemenag Subang menyalurkan santunan kepada santri yatim dan dhuafa dari BAZNAS dan Bank Subang.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Subang, Kapolres Subang,  Danyon 312,  Perangkat Daerah Subang, kepala Kemenag Subang, Ketua MUI Subang, Ketua Baznas Subang, Ketua LPTQ, Ketua PC NU, Ketua Lembaga & organisasi islam Subang, Ketua FPP, FKPAI, FKDT, FKPQ, dan FKGN, Para Kyai Pondok Pesantren, dan Ketua Perangkat Daerah Kabupaten Subang. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers