Perkuat Internalisasi Core Values AKHLAK BUMN, DAHANA Gelar Lomba Inovasi Karyawan

PT DAHANA (Persero) melalui Panitia HUT ke-55 DAHANA meluncurkan Lomba Inovasi Karyawan (Link) DAHANA bersamaan dengan acara peluncuran logo dan tema HUT ke-55 DAHANA yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting pada Rabu, 1 September 2021. Link Dahana memiliki tema "Inovasi dan Solusi untuk Mendukung Kinerja Unggul DAHANA".

Inovasi merupakan urat nadi bagi perusahaan bahan peledak berplat merah tersebut. Berbagai macam produk dan teknologi berenergi tinggi telah dicipta-kembangkan selama bertahun-tahun di Energetic Material Center. Selain itu, Inovasi merupakan cara untuk menerapkan core values AKHLAK yang telah dicanangkan oleh Kementerian BUMN sejak Juli 2020 lalu. Terutama pada nilai Adaptif untuk terus berinovasi dan antusias menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

Menurut Panitia Link DAHANA 2021 Alip Muharam, Lomba Inovasi Karyawan DAHANA ini berbentuk Technical Paper yang memiliki manfaat langsung bagi perusahaan, dan hasilnya diharapkan dapat diaplikasikan di perusahaan dan diikutsertakan dalam ajang yang lebih tinggi seperti International Society of Explosives Engineer (ISEE), Kemenristek serta event-event yang berfokus pada inovasi teknologi baik di dalam maupun luar Negeri.

Link DAHANA 2021 ini memiliki dua kategori yaitu, Terobosan teknologi (Technology Breaktrough) berupa solusi aplikasi teknologi bahan peledak DAHANA (hulu dan hilir) maupun teknologi pendukung lainnya, meliputi aktivitas drilling dan blasting, explosive application,, explosives innovation, dan tekonologi pendukung lainnya.

Kedua, Business strategy and social innovation yakni, inovasi berupa ide atau strategi dalam pengembangan bisnis perusahaan, sistem manajemen, optimalisasi kerja, budaya, serta strategi yang mampu meningkatkan kinerja DAHANA serta inovasi yang bersifat nonkomersial/social projects yang berorientasi pada pengembangan manusia dan komunitas, serta memiliki dampak besar terhadap lingkungan dan kemajuan sumber daya manusia.

"Lomba Inovasi Karyawan DAHANA 2021 ini dapat disubmit sejak tanggal 2 September hingga 5 Oktober 2021, melalui panitia HUT DAHANA ke-55," ujar Alip Muharam.

Direktur Utama DAHANA Wildan Widarman yang memiliki darah teknologi dan pengembangan turut mengapresiasi gagasan lomba inovasi bagi karyawan DAHANA ini. Baginya, lomba ini nantinya tidak hanya akan bermanfaat bagi individu inovator, tapi turut memberikan sumbangsih bagi kemajuan perusahaan serta bangsa Indonesia tentunya.

 "Kami sangat mengapresiasi salah satu program dari panitia, yaitu Lomba Inovasi Karyawan Dahana (Link Dahana). Ajang lomba ini sangat bermanfaat, baik untuk individu, perusahaan maupun bangsa," ungkap Wildan Widarman.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers