Bupati Subang Tertarik Aspal Dalam Negeri

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat menerima kunjungan dan silaturahmi perwakilan pengusaha AMP Subang dan pejabat PT. Wika ASPAL dalam rangka sosialisasi potensi aspal Buton sebagai produk aspal berkualitas produksi dalam negeri di kediaman pribadinya di desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang, Jumat (3/9/2021)

Aspal Buton merupakan Aspal alam Indonesia yang dapat ditemukan di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.  Cadangan endapan aspal alam di Buton ini dapat ditemukan tepatnya di Teluk Sampolawa sampai Teluk Lawela. Adapun Aspal alam yang ada di Pulau Buton merupakan cadangan terbesar di dunia hal ini berdasarkan penelitian dari Alberta Research Council terkait Deposit aspal Buton. Yang dalam komposisi tertentu merupakan produk aspal dengan kualitas yang lebih baik dibanding dengan aspal minyak.

Menurut salah satu pengusaha AMP Subang H. Herdis saat ini produk aspal yang banyak digunakan adalah aspal minyak yang diimpor dari Singapura, dirinya mengatakan bahwa sangat disayangkan apabila negeri ini harus mengimpor aspal dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan aspal padahal memiliki potensi aspal alam terbaik yang juga wilayah dengan cadangan aspal terbesar di dunia yaitu pulau Buton.

Dirinya mengusulkan dan mendorong agar Kabupaten Subang dapat menggunakan aspal alam buton untuk dijadikan produk hotmix ruas jalan selain sebagai upaya mendukung produk dalam negeri juga terkait kualitasnya yang bagus dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aspal impor.

Sementara itu Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang menyambut baik terkait adanya produk aspal dalam negeri yang memiliki mutu yang baik serta mendukung untuk dijadikan sebagai salah satu penunjang dalam mewujudkan pembangunan insfrastruktur jalan di Kabupaten Subang. Dirinya menginstruksikan agar pihak produsen aspal buton mengadakan presentasi kepada tim teknis lapangan dan Dinas PUPR Subang agar bisa ditindaklanjuti.

Dirinya berharap agar dilakukan uji sample pengaspalan jalan menggunakan aspal buton dibeberapa ruas jalan di Kabupaten Subang sebagai sarana uji kualitas sehingga dikemudian hari dapat merekomendasikan aspal buton sebagai aspal yang akan melapisi berbagai ruas jalan di Kabupaten Subang. "Daripada pakai produk impor baiknya gunakan produk dalam negeri yang lebih berkualitas dengan harga yang terjangkau" ujar kang Jimat.

Kang jimat menginstruksikan kepada kepala BP4D untuk menindaklanjuti penggunaan aspal buton dalam rencana pembangunan insfrastruktur di Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BP4D Hari Rubiyanto beserta jajaran, perwakilan AMP Subang H. Herdis dan para jajaran petinggi Wika Aspal anak perusahaan PT. WIKA.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers