Antisipasi Banjir di Pantura, Pemda Subang Gelontorkan 3 M



Reporterjabar.com, Subang - Warga Desa Tegalurug mengapresiasi upaya Pemda Kabupaten Subang yang menyalurkan bantuan sebesar Rp3 milyar untuk penanggulangan banjir dengan melakukan normalisasi berbagai saluran air yang akan dimulai dari daerah muara. Kepala Desa Tegalurung mengatakan bahwa saat ini dibutuhkan bantuan alat berat untuk menunjang percepatan pengerukan saluran air.  Sehubungan sudah mendekati musim penghujan.

Hal disampikan kepada Bupati Subang, H. Ruhimat dalam Obrolan Bersama Kang Jimat (OMAT) yang di moderatori Asda I H. Rahmat Effendi S.Sos, M.Si, di Tegalurung, Kamis (16/9/2021)      

Menanggapi aspirasi warga Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang mengatakan alat berat untuk normalisasi sungai dalam satu minggu akan tiba di Kecamatan Legonkulon. “Mengenai normalisasi sungai di daerah pantura, dirinya menegaskan akan dikerjakan tahun ini,” ujar Bupati Subang.

Dalam kegiatan tersebut sebelumnya Bupati menyerahkan batuan berupa benih ikan dan udang kepada kepada 598 orang petambak yang berasal dari lima Koperasi Unit Desa (KUD) di wilayah utara Subang yang dilaksanakan di Kecamatan Legonkulon. Bantuan benin ikan kata Bupati merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian warga serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petambak di Kabupaten Subang, terutama dimasa pandemi Covid-19.

Selain bantuan dibahas pula terkait percepatan pencairan anggaran, target alat berat yang diterjunkan dalam 1 minggu, perhatian DKUPP kepada KUD akan dikoordinasikan serta usulan perubahan beberapa titik kawasan di kecamatan Legonkulon dari yang sebelumnya kawasan LP2B menjadi kawasan industri.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perikanan Rd. Maman Firmansyah, S.Sos, M.Si menyampaikan kegiatan penyerahan benih ikan tersebut dilaksanakan di dua titik lokasi yaitu Desa Tegalurung dan Desa Pangarengan Kecamatan Legonkukon

Adapun daftar lima KUD penerima benih ikan dan udang tersebut yaitu di lokasi pertama di Desa Tegalurung

- KUD Mina Karya Laksana Desa Tegalurung Kecamatan Legonkukon untuk komoditas udang Windu kepada 123 orang penerima dengan jumlah benih 1.230.000 benih (10.000 benih/orang)

- KUD Mina Jaya Desa Sukamaju Kecamatan Sukasari untuk komoditas bandeng 27 orang penerima dengan jumlah benih 70.200 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 30 orang penerima dengan jumlah benih 300.000 benih (10.000 benih/ekor).

- KUD Mina Laksana Desa Anggasari Kecamatan Sukasari untuk komoditas udang windu kepada 130 orang penerima dengan jumlah 130.000 benih (10.000 benih/orang).

Penyerahan di lokasi kedua di Desa Pangarengan

- KUD Mina Sinar Agung Desa Pangarengan kecamatan Legonkulon untuk komoditas Bandeng kepada 140 orang penerima dengan jumlah benih 364.000 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 22 orang penerima dengan jumlah benih 220.000 ekor (10.000 benih/orang), dan komoditas udang vaname 35 orang penerima dengan jumlah benih 368.040 ekor (10.515 benih/orang).

- KUD Mina Rukun Jaya Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara untuk komoditas bandeng kepada 34 orang penerima dengan jumlah benih 88.400 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 46 orang penerima dengan jumlah benih 460.000 ekor (10.000 benih/orang), dan komoditas udang vanname 11 orang penerima dengan jumlah benih 115.680 ekor (10.515 benih/orang)

Kepala Dinas Perikanan berharap bantuan komoditas tersebut bisa dimanfaatkan oleh pembudidaya dan KUD, karena kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Bupati dalam rangka menyejahterakan pembudidaya dan KUD di Wilayah Kecamatan Legonkulon.

Menurut Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si kegiatan ini secara tersirat mengandung berbagai pesan moral, kemanusiaan dan motivasi yang juga menjadi bagian evaluasi untuk melahirkan prioritas program yang dijalankan untuk mendukung berbagai program pemerintah daerah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si, ASDA I H. Rahmat Effendi, Kadis Perikanan Rd. Maman Firmansyah, Camat Legonkulon Drs. Aet Rudiantana S.IP, M.Si, Kades Tegalurung, Kades Pangarengan, kades Sukamaju, Kades Anggasari, Kades Patimban serta muspika Kecamatan Legonkulon. (hms)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers