Wakil Bupati Laksanakan Penanaman Perdana Konservasi Kelestarian Sumber Mata Air Ciasem

Reporterjabar.com, SUBANG - Wakil Bupati Subang Agus Masykur didampingi istri yang juga Wakil Ketua TP PKK Ega Agustine Rosyadi hadir sekaligus melakukan penanaman perdana kegiatan konservasi lingkungan untuk menjaga kelestarian sumber mata air sungai Ciasem, di Bukit Jamali Sukamandi, Sagalaherang. Sabtu (21/8/2021). 

Kegiatan penanaman pohon yang bertemakan "Konservasi alam untuk sejahtera berkelanjutan" ini, direncanakan akan dilakukan penanaman pohon sekitar 1.100 pohon oleh tim dari ACP,  tim dari yayasan Sagunung Samaung, Masyarakat Peduli Alam Subang (Mapas) dan para santri. 

Direktur Program ACP Ati Nurhayati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan lanjutan program 1 kurban + 1 pohon, sehingga terkumpul 14 jenis pohon dengan jumlah 1.100 pohon. "Beberapa di antaranya akan ditanam Pohon langka seperti matoa, damar, eukaliptus rainbow 5 dan ada juga pohon favorit kita semua yaitu pohon jengkol." Ujar Ati. 

Ketua Dewan Pembina ACP KH. Abdullah Muadz mengharapkan kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sebatas pada kegiatan seremonial saja namun juga harus terus dilakukan secara berkelanjutan dengan teknik menanam yang benar pemilihan bibit yang baik dan yang paling utama adalah pengawasan serta penjagaan tanaman hingga upaya konservasi ini berhasil. 

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Subang mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komunitas Aksi Cipta Peduli (ACP) yang telah melaksanakan kegiatan penanaman pohon di bukit Jamali Sukamandi Sagalaherang. 

Kang Akur berharap kegiatan tersebut menjadi inspirasi untuk lembaga, komunitas, kelompok masyarakat maupun individu dalam upaya pelestarian lingkungan. "Insya Allah semakin banyak elemen masyarakat yang peduli terhadap lingkungan tentu akan membantu pelestarian sumber mata air." Ujar Kang Akur. 

Kang Akur dalam kesempatan tersebut juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang agar menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar demi masa depan dan keselamatan kita semua. 

Turut hadit pada kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Subang, kepala desa Sukamandi, Kapolsek dan Danramil Sagalaherang, Yayasan Ma'rifatussalaam, SMP al-quran Ma'rifatussalaam, ketua yayasan Sagunung Samaung dan Masyarakat Peduli Alam Subang (Mapas).

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers