Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati Rampungkan Tahap Pekerjaan Rigid Pavement

Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

Reporterjabar.com, Keratajati Jawa Barat (29/8) – ASTRA Tol CIpali terus berupaya meningkatkan pekerjaan dalam pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati. Menjelang akhir bulan kemerdekaan RI ke 76 tahun, pembangunan ini sudah menyelesaikan tahap pekerjaan rigid pavement pada Phase1. Dengan keberadaan jalan tol akses ini semakin mempermudah konektivitas dan logistik khusunya dalam menunjang proyek Segitiga Rebana yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kontribusi ASTRA Tol Cipali dalam pembangunan tol akses dengan total panjang jalan sekitar ± 3.7 km, dengan lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah 4 lajur untuk 2 arah ini, menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi ASTRA. "Saat ini progress pembangunan Akses BIJB Kertajati sudah mencapai lebih dari 95%. Diharapkan penyelesaian pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dapat selesai di akhir September yang kemudian dilakukan proses uji layak ooperasi oleh Kementerian PUPR dalam hal ini Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) beserta instansi terkait. Diharapkan jalan tol akses dapat dioperasikan pada awal bulan November 2021. Tentunya hal ini merupakan salah satu peningkatan layanan konektifitas yang kami lakukan kepada pengguna jalan," jelas Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali. 

Agung menambahkan bahwa pembangunan Akses BIJB saat ini sudah merampungkan pekerjaan rigid pavement pada phase 1 dan untuk phase 2 segera diselesaikan dalam minggu ini. Selanjutnya pekerjaan fokus pada pemasangan fasilitas jalan seperti rambu, lampu penerangan jalan dan juga area simpang susun jalan tol akses yang mengusung icon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat. "Pekerjaan pada rigid pavement pada phase 1 sudah rampung sejak minggu lalu, diharapkan di akhir Agustus ini phase 2 segera dirampungkan dan dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan marka jalan, rambu-rambu dan lampu penerangan jalan," tambah Agung.

Melalui peningkatan layanan konstruksi yang dilakukan di wilayah Kertajati, ASTRA Tol Cipali berharap tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, namun juga  
dapat menjadi penghubung dan membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati.

Tentunya informasi terkait dengan pembangunan jalan akses BIJB Kertajati dan seluruh aktivitas lalu lintas di Ruas Tol Cipali tidak hanya di informasikan melalui media luar ruang seperti Spanduk dan Variable Message Sign (VMS) saja, pengguna jalan dapat memantau informasi lainnya dengan mengakses media sosial ASTRA Tol Cipali seperti website, Instagram dan twitter @astratolcipali serta youtube ASTRA Tol Cipali. Disamping itu juga, jika terjadi kendala saat berkendara di ruas tol Cipali dapat menghubungi Traffic Monitoring Center (TMC) yang siap  melayani 24 jam melalui line telepon 0260 – 7600 600.

Diharapkan dengan keberadaan ASTRA Tol Cipali di 5 wilayah ini menjadi salah satu bukti nyata dalam penerapan Catur Dharma ASTRA yang tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan namun juga menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, yakni sebagai konektiivitas pertumbuhan ekonomi jalur trans Jawa khususnya bagi 5 (lima) wilayah Kabupaten yang dilalui Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers