Kolaborasi Dengan Dinas Kesehatan, DAHANA Kampanyekan Pemberantasan Kusta

Subang, 25 Agustus 2021.  Program Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT DAHANA (Persero) dibidang kesehatan masyarakat kembali bergulir. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan UPTD Puskesmas Cibogo, Dahana melakukan kampanye pemberantasan penyakit kusta yang digelar di Bale Musyawarah Kampung Cihurip Desa Padaasih Kabupaten Subang pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Kepedulian terhadap kesehatan masyarakat sekitar perusahaan merupakan salah satu concern dari manajemen Dahana, hal ini disampaikan oleh ketua TJSL Dahana Eman Suherman. Menurutnya, kegiatan kampanye anti kusta ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar Dahana.

"Ini merupakan tindakan nyata untuk memutus mata rantai penularan kusta, salah satunya dengan melakukan sosialisasi tentang kusta yang dilakukan melalui pertemuan masyarakat seperti sekarang ini yang Dahana lakukan bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat," terang Eman Suherman.

Selain melakukan kampanye pemberantasan kusta, Dahana selalu konsisten melakukan program kesehatan bagi masyarakat. Diantaranya adalah program pencegahan stunting bagi balita dan pengobatan gratis secara rutin dalam kegiatan Pekan CSR setiap tahunnya.

Sukarta, salah satu warga yang menderita penyakit kusta mengatakan, kusta bukan penyakit kutukan. Kusta juga bukan penyakit turunan yang tidak bisa disembuhkan. Penderita kusta bisa sembuh. Demikian di antara pesan-pesan yang selalu disampaikan para petugas medis di Puskesmas kepada masyarakat.

Dulu, kata Sukarta, sebagian masyarakat beranggapan bahwa kusta adalah penyakit kutukan dan tidak bisa disembuhkan. Stigma negatif membuat para penderita kusta memilih menyembunyikan diri. 

"Tapi kalau sekarang, orang-orang yang positif terkena kusta maupun keluarganya sudah mulai terbuka dan mau memeriksakan diri ke puskesmas," terang Sukarta.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers