Bupati Subang terima Kabar Baik soal Patimban

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat menerima Kunjungan KSOP Patimban terkait tindaklanjut usulan Pemerintah Daerah atas Hibah lahan milik Pusat di Area Pelabuhan Patimban. Adapun pertemuan tersebut dilaksanakan di Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang, Jumat (6/8/2021).

Dalam pertemuan tersebut membahas tentang respon positif yang diberikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Atas permohonan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang berupa permintaan lahan seluas 5 Hektar pada wilayah backup area Pelabuhan Patimban. Berdasarkan Surat Bupati Subang Nomor: PB. 01/1711/Dishub tanggal 12 Juli 2021 tentang dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam beroperasinya Pelabuhan Internasional Patimban, Menteri Perhubungan telah melayangkan surat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani perihal permohonan bantuan menteri Keuangan untuk membantu proses pemindahtanganan lahan seluas 5 hektar tersebut sesuai dengan mekanisme dan prosedur pemanfaatan lahan Barang Milik Negara (BMN).

Menurut Kepala KSOP Patimban Heri Purwanto respon positif Menteri Perhubungan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Subang untuk menyelesaikan administrasi hibah aset tanah yang saat ini digunakan sebagai akses jalan utama serta memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pemindahtanganan aset tanah milik Desa Patimban seluas 28 hektar kepada Kementerian Perhubungan. Heri mengatakan bahwa dengan telah terjalinnya komunikasi antar menteri diharapkan akan mempermudah dan memperkuat dalam mewujudkan proses pemindahtanganan aset Kementerian Keuangan sesuai permohonan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

Sementara itu Kang Jimat mengungkapkan rasa syukurnya atas respon positif Menteri Perhubungan yang telah bersedia menjembatani dan menjalin komunikasi dengan menteri Keuangan atas pengajuan permohonan kami yaitu meminta hibah lahan seluas 5 hektar di backup area pelabuhan patimban. Dirinya menuturkan bahwa akan sangat memberatkan saat pelabuhan patimban telah beroperasi segala aktivitas yang menjadi kepentingan pemerintah daerah diwilayah tersebut dilakukan dalam status sewa lahan. "Sangat berat dan tentunya akan membebani APBD jika pemerintah daerah harus menyewa lahan di area pelabuhan patimban" ujar Kang Jimat.

Kang Jimat berharap semoga proses pengajuan permohonan hibah lahan tersebut dapat dikabulkan oleh Kementerian Keuangan yang saat ini sedang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui upaya jalinan komunikasi antar menteri. Dirinya mengungkapkan bahwa selain permohonan terkait hibah lahan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah mengajukan permohonan kerjasama BUMD Kabupaten Subang dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban melalui Kementerian perhubungan yang akan dikoordinasikan dengan pihak Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Pelabuhan Patimban. "Kita simultan saja apa yang menjadi kewajiban kami, akan kami laksanakan" tandas kang Jimat.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si dan  
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda I) H Rahmat Ependi, S.Sos., M.Si dan perwakilan pejabat Dispemdes. Adapun dari Pihak KSOP hadir Kepala KSOP Heri Purwanto, Kasie KBPP Aditya Karya, Kasie Lalu lintas Febrianto dan tim PPK paket APBN

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers