Bupati Subang Terima Bantuan Alsintan Dari Anggota DPR RI Komisi IV

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang, H.Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, SE, M.Si terkait pemberian bantuan Alsintan untuk Sektor pertanian Subang di kecamatan Serangpanjang, Senin (02/08/2021).

Dalam kesempatan tersebut diserahterimakan pula sejumlah Alat dan mesin pertanian berupa  Traktor roda empat 4 unit, Traktor roda dua 10 unit, Pompa 6 inchi 17 unit, Cultivator 6 unit, Rice Transplanter 1 unit, Combine harvester  2 unit dan Power threser 4 unit
yang diberikan secara bertahap dan akan diserahkan pada kelompok tani setempat.

Alsintan atau alat mesin pertanian bermanfaat untuk membantu para petani dalam mengolah lahan dan produk pertanian. Adapun Peran strategis mekanisasi pertanian melalui alsintan yaitu proses menjadi lebih cepat dan dengan mekanisasi para petani dapat melaksanakan pengolahan lahan, panen, dan pascapanen dengan cepat bukan hanya sebatas proses budidaya dan pascapanen. Alsintan dapat menjadi pemicu transformasi teknologi kepada petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan

Menurut Sutrisno, di era otonomi daerah, Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi tinggi dan masih dalam pengembangan. Dirinya mengatakan bahwa usulan program dan perencanaan pembangunan dari daerah penting untuk dilakukan agar dapat menyerap anggaran dari pusat, karena dengan datangnya usulan dari daerah maka serapan anggaran dapat lebih terukur dan tepat sasaran. "Di era otonomi daerah tanpa ada usulan dan permintaan maka tidak datang dengan sendirinya program dan anggaran" ujar Sutrisno yang menuturkan pula bahwa selain alsintan dirinya mendorong untuk dilakukan penerapan teknologi pertanian di Kabupaten Subang. 

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas bantuan pemerintah pusat yang telah diperjuangkan oleh anggota DPR RI H. Sutrisno, untuk kemudian diberikan kepada para petani di Kabupaten Subang. "Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Subang saya ucapakan terima kasih" ujar Kang Jimat.

Dirinya mengatakan bahwa walaupun dalam masa pandemi covid 19 upaya untuk membangun ketahanan pangan harus tetap berjalan. Melalui bantuan peralatan dan mesin pertanian tersebut dirinya berharap semoga bisa membantu para petani meningkatkan produksi pertanian sehingga dapat mewujudkan harapan yaitu ketahanan pangan di Kabupaten Subang. "Saya serahkan kepada para ketua kelompok tani saya minta betul-betul dijaga jangan sampai sia-sia" tandas kang Jimat.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Plt. Kadis Pertanian Dra. Nenden Setiawati, M.Si beserta jajaran, Kabid SDM Nana Supriatna, SP., M.Si, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Subang Maman Yudia, S.Pd, Anggota DPRD Kab. Subang H. Adik, Sekretaris DPC PDIP Kab. Subang Niko Rinaldo.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers