Bupati Subang Hadiri HUT ke 74 Koperasi Tingkat Kabupaten Subang 2021

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat bersama dengan istri Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menghadiri Acara syukuran peringatan HUT Koperasi ke-74 tahun 2021 di Aula Dekopinda Kabupaten Subang, Kamis (19/8/2021).

Acara yang yang digelar dengan Tema Koperasi kuat, modern dan mandiri, dukung Ketahanan Pangan untuk Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat tersebut diselenggarakan secara sederhana oleh Dekopinda Kabupaten Subang dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Berdasarkan Data dari Dekopinda Kabupaten Subang bahwa kinerja pertumbuhan ekonomi kabupaten Subang mengalami penurunan cukup tinggi pada tahun 2020, dimana Laju pertumbuhan ekonomi yang asalnya 4.4% tahun 2019, pada tahun 2020 menurun signifikan ke agka - 1.27% (turun sebesar 5,68%). Hal ini tentunya memerlukan perhatian dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Subang dan berbagai pihak terkait untuk terus berupaya mengembangkan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang. Untuk itu sesuai dengan tema HUT Koperasi Tahun ini Dekopinda Subang berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas koperasi termasuk UMKM sekaligus mendukung program ketahanan pangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adaoun berbagai program Dekopinda Subang diantaranya yaitu menggelar Parade UMKM Wanita Subang yang mempertemukan UMKM dengan istri-istri Forkopimda dengan maksud untuk memperluas jaringan pemasaran bagi UMKM yang terdampak pandemi covid-19.

Namun meski dalam kondisi tersebut Koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang ternyata mampu menorehkan prestasi di kancah nasional terbukti dengan diraihnya penghargaan Dharma krida Baraya Adikarya Anugerah sebagai pengembang UMKM terbaik Se Indonesia dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam 8 Tahun UNS SME'S SUMMIT AND AWARDS 2021 kepada UPTD PLUT KUMKM Dinas UKPP Subang, Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM kepada Koperasi wanita LED Leles dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang piagam nya diserahkan secara simbolis oleh kang Jimat kepada ketua Koperasi Tuti Sri Mulyati serta penghargaan dari Dekopinwil Jawa Barat untuk Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat sebagai tokoh yang telah berkontribusi positif bagi pengembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan peringatan HUT Koperasi ke-74 tersebut dilaksanakan pula penyerahan berbagai penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai telah berkontribusi dalam pengembangan koperasi dan UMKM di Subang yang diantaranya yaitu :
- Koperasi Mina Karya Baru, Blanakan
- Koperasi Wanita Mekar Saluyu, Dawuan
- KUD Bangkit Jaya, Pabuaran
- Koperasi Muamalat Nahdatul Ulama, Kasomalang
- Koperasi Wanita LED Mawar, Binong KSP Karya Utama, Compreng
- Koperasi Produsen Tabur Benih Melati, Pusakajaya
- UMKM Aroma Jaya Blanakan, UMKM Dapoer Buaas, Cijambe
- UMKM Evan Art Gallery, Pagaden.

Dalam sambutannya H. Daeng M. Ma'mur selaku Ketua Dekopinda Kabupaten Subang mewakili Dekopinwil Jawa Barat mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 tingkat Kabupaten Subang saat ini dilaksanakan sangat sederhana, hal ini dilakukan mengingat dalam situasi pandemi Covid-19. Meskipun demikian pihaknya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pengurus koperasi atas terselenggaranya acara sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut ketua Dekopinda menambahkan, koperasi dan UMKM Kabupaten Subang memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat memperluas pangsa pasarnya dengan adanya Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas koperasi termasuk UMKM sekaligus mendukung program ketahanan pangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya dengan memberikan pembinaan kepada koperasi dan sumber dayanya sehingga mampu menghasilkan produk yang bersaing dan dapat dipasarkan ke luar pulau dan provinsi lainnya di Indonesia. "Mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Subang karena ini peluang yang besar bagi bisnis Koperasi dan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Subang," ujar H. Daeng

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat mengucapkan apresiasi kepada Dinas UKPP Subang dan Dekopinda atas penghargaan yg diterima menjadi motivasi untuk berupaya memajukan Koperasi dan UMKM Subang kedepan. Terkait pembangunan pelabuhan patimban Kang Jimat berharap agar dijadikan sebuah kesempatan mengembangkan diri agar Koperasi dan UMKM Subang terutama para anggotanya bisa bersaing serta berkembang terutama di era digital."Bukan hanya simpan pinjam, Anggota koperasi saya harap mampu memproduksi baik hasil pertanian serta UMKM. Saya harap juga untuk pengurus Koperasi mampu melihat situasi, marketing mulai bisa memanfaatkan digitalisasi" ujar Kang Jimat.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan pula prosesi pemotongan tumpeng oleh Sekda Subang beserta seluruh jajaran pengurus Dekopinda dan DKUPP.

Hadir dalam kesempatan tersebut ketua TP. PKK Kabupaten Subang sekaligus istri Bupati Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Sekda Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si beserta istri sekaligus ketua DWP Kab. Subang, ASDA 1 H. Rahmat Effendy, Kepala DKUPP Subang H. Dadang Kurnianudin beserta Jajaran, Ketua Dekopinda Subang H. Daeng Makmur Thahir beserta Jajaran serta para perwakilan Koperasi dan UMKM se Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers