Bunda PAUD Subang Pimpin Rapat Pembentukan Pokja Bunda Paud Holistik Integratif

Reporterjabar.com, Subang - Ketua TP PKK sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat membuka rapat pembentukan kelompok kerja Bunda PAUD Holistik Integratif di Halaman Rumah Dinas Bupati, Rabu (25/08/2021).

Rapat pembentukan tersebut dilaksanakan atas tindak lanjut dari koordinasi Rapat PAUD Bunda tingkat Provinsi tentang pembentukan Formulasi Kelompok Kerja Bunda PAUD Holistik Integratif di tiap-tiap Kabupaten.

Menurut Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah Layanan Pendidikan yang menggabungkan proses Asah, Asih, Asuh dalam rangka mengembangkan kebutuhan anak seperti gizi yang cukup, perlindungan, dan sistem asuh yang mengedepankan pendidikan karakter anak agar bisa tumbuh berkembang sesuai dengan prinsip Holistik Integratif. Lalu menurutnya PAUD Holistik Integratif merupakan sebuah komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya Hak Tumbuh Kembang Anak Usia Dini yang dilakukan secara stimulan, sistematis, menyeluruh, terintergrasi, dan berkesinambungan untuk pengembangan anak yang optimal.

Selanjutnya Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat pun menambahkan bahwa di tiap daerah dalam Program PAUD Holistik Integratif ini meliputi Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran, Layanan Kesehatan dan Gizi, Deteksi Dini Tumbuh Kembang, Pola Hidup Bersih dan Sehat, Pengasuhan dan Perawatan Anak serta Perlindungan dan Parenting sehingga Penanganan Anak Usia Dini dapat dilakukan secara utuh.

Dalam pembentukan Kelompok Kerja PAUD Holistik Integratif tersebut Hj. Yoyoh Sopiah menetapkan Dida Tatang Komara sebagai Ketua Pokja Bunda PAUD Holistik Integratif. Selaku Bunda PAUD Kabupaten Subang dirinya pun berharap Kelompok Kerja ini nantinya dapat bekerja secara optimal dalam melaksanakan program dengan dukungan dari semua pihak, termasuk PAUD yang memiliki peran penting dalam pengembangan Sumber Daya Manusia. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua IPI Kabupaten Subang, Ketua KPAID, Ketua IGTKI serta Pengurus TP PKK Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers