Waduh ada Dugaan Buang Limbah B3 Sembarangan

Reporterjabar.com, Subang - Ketua LSM Gerakan Pemuda Peduli Lingkungan (Gampil) melakukan sidak ke Puskesmas Rawalele yang diduga membuang limbah medis berbahaya dan beracun.(B3) secara sembarangan.

"Kami datang ke Puskesmas Rawalele setelah adanya pengaduan dari masyarakat sekitar Puskesmas yang menyebutkan bahwa pihak Puskesmas suka membuang limbah B3 di belakang Puskesmas. Padahal di tempat tersebut berdempetan dengan perumahan warga sekitar," tutur Enjang menirukan aduan seorang warga sekitar yang identitasnya enggan dicantumkan.

Kemudian kata Enjang dirinya mendatangi TKP yang di tunjukkan warga. "Setelah datang ke lokasi memang apa adanya telah terbukti adanya sampah yang di buang di TKP yang sudah di bungkus plastik dan bertuliskan 'Limbah Medis Yang Berbahaya'", tuturnya lagi.

Padahal kata dia apabila pihak yang membuang limbah medis tidak sesuai dengan prosedur maka ancaman nya pidana menurut UU.no 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dan dipidana 4 tahun penjara atau denda Rp100 juta sampai Rp5 miliar.

Saat dirinya hendak konfirmasi berita, kepada Kepala Puskesmas, kata Enjang menurut laporan stafnya telah pulang berikut staf medis. "Padahal kami ke sana ketika jam kerja," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers