Jabar Siaga Bencana Banjir

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat bersama sejumlah kepala daerah tingkat II se-Jawa Barat hadir dalam rapat koordinasi persiapan menghadapi kejadian banjir pada musim penghujan tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual bersama Wakil Gubernur Jawa Barat di Ruang Rapat Segitiga Rumah Dinas Bupati, Senin (26/7/2021).

Rapat Koordinasi yang bertujuan untuk meninjau sekaligus berisi pemaparan kesiapan berbagai daerah di Jawa Barat dalam menghadapi bencana banjir sebelum memasuki musim penghujan di penghujung tahun 2021.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik ST MT memaparkan sejumlah langkah yang akan dilakukan pihaknya bekerja sama dengan BBWS dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana banjir berbagai wilayah di Jawa Barat. Adapun khusus wilayah Kabupaten Subang akan dilaksanakan beberapa upaya pencegahan bencana banjir berupa pengendalian banjir Citarum Hilir diantaranya yaitu pembangunan bendungan Sadawarna yang mencakup wilayah Subang-Sumedang yamg direncanakan hingga tahun 2022, membangun Sheet phile Sungai Cipunegara yang targetkan selesai tahun 2022 serta normalisasi Sungai Ciasem dan Cipunegara tahun 2021 - 2022.

Dalam arahannya Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanululum menyampaikan bahwa seiring perubahan Cuaca yang terjadi dirinya dan Kang Emil mengingatkan untuk terus waspada jangan terlena oleh pandemi Covid serta hanya terfokus pada pemberitaan Covid 19 saja melainkan agar melaksanakan dan memahami tupoksi masing-masing dengan penuh tanggung Jawab.

Wagub pun menginstruksikan agar hasil rapat koordinasi tersebut agar ditindaklanjuti didaerah masing-masing. Dirinya mengingatkan sebagai pemerintah harus bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, bekerja sama dan bersinergi dengan BBWS, BSDA dan BPBD agar dapat meminimalisir dampak bencana. " semoga musim hujan yang akan datang bisa membawa rahmat bukan sebuah bencana" ujar Wagub Uu.

hadir dalam kesempatan tersebut kepala daerah tingkat II se Jawa Barat, Dinas SDA Jawa Barat beserta Jajaran, BBWS wilayah I dan II serta BPBD provinsi Jawa Barat beserta para undangan.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers