Ayu Azhari: Seandainya Bisa Diwakili, Biar Saya Saja yang Dipentung Satpol PP


JAKARTA - Jumlah warga Indonesia yang terpapar Covid-19 semakin hari terus bertambah banyak. Bahkan pada Senin (12/7/2021) jumlah kasus baru positif Covid-19 bertambah 40.427 kasus.

Artis senior Ayu Azhari yang tergabung dalam Relawan Bersatu Melawan Covid-19 angkat bicara. Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Pertama, kata Ayu perlu adanya keteladanan untuk menegakkan atau mendisiplinkan protokol kesehatan. Karena keadaan makin berbahaya. Dia mencontohkan beberapa hari lalu di Jakarta hampir 300 orang meninggal dalam satu hari akibat Covid-19.

"Artinya, terjadi penyebaran pandemi ini dengan sangat cepat, karena  masyarakat kurang memiliki  sense of awareness (rasa kewaspadaan yang tinggi)," kata Ayu dalam Rapat Akbar Relawan Bersatu Melawan Covid-19 yang digelar secara virtual.

Kedua, adanya varian virus baru, membutuhkan cara yang lebih disiplin lagi. sense of awareness dari aparat musti lebih jelas dan pasti dalam menegakkan protokol kesehatan.

Mengutamakan sektor ekonomi yang berdampak menyebabkan bentrok antara kebijakan dan realisasinya atau yang lagi heboh belakangan ini “bentrok antara Satpol PP dan pedagang kecil” tidak bisa di disiplinkan karena sektor usaha kecil sangat tergantung dengan pendapatan harian.

"Sedih, miris, nggak kuat saya lihatnya. Bisa saya rasakan dampak Covid-19 terhadap kehidupan masyarakat. Bukan mereka tidak takut kena Covid-19, tetapi karena kebutuhan primer yang mendesak membuat mereka jadi tidak disiplin, apa lagi jadi nekat sampai terjadi bentrok dan sangat rentan jadi korban kekerasan. Seandainya bisa saya wakili biar saya saja yang dipentungi Satpol PP deh," ucap Ayu Azhari.

Karena itu ia mengajak semua pihak untuk saling mendukung dan memberikan sumbangsihnya sebagai tauladan yang bisa dilihat dan dirasakan masyarakat kecil agar di masa pandemi ini kita bisa bersama-sama belajar, saling mendukung dan bertanggung jawab.

"Semoga niat baik teman teman dalam Aksi Melawan Covid-19 bisa mengisi kekosongan yang ada dan memberikan kontribusinya untuk membantu sesegera mungkin beberapa sektor mendasar yang diperlukan akibat dampak Covid-19," pungkasnya.

Relawan Bersatu Melawan Covid-19 ini digagas oleh Kris Budihardjo sebagai Ketua, Bayu Putra dan H Ayep Zaki.


 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers