Wakil Bupati Subang Kunjungi Agen Bibit Lebah Klanceng

Reporterjabar.com, Subang - Wakil Bupati Subang mengunjungi agen resmi bibit Lebah Klanceng dari program kemitraan PT. Mahakarya Berkah Madani yang berada di kampung gembor II Kecamatan Pagaden atas nama Bapak H. Abdurrahman.

Wakil Bupati Subang mengapresiasi kepada mitra usaha Lebah Klanceng tersebut yang terbilang cukup sukses mengembangkan usaha bibit lebah klanceng di wilayah Subang, Bahkan Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang sangat tertarik ingin mencoba usaha bibit lebah klanceng tersebut.

Karena Lebah Klanceng pembudidayaannya terbilang mudah, tidak berbahaya, ukurannya 
yang kecil, perawatannya mudah dan membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas maka pengelolaan budidaya Lebah Klanceng akan lebih efektif dan efisien.

Istri H. Abdurahman yang sudah memiliki lebih 350 stup menjelaskan bahwa harga untuk satu skup bibit lebah Rp1,2 juta. Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, Madu Klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh PT. Mahakarya Berkah Madani dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp400 ribu untuk setiap stup.


Perusahaan pun memberikan garansi akan mengganti jika ada bibit lebah yang mati, dengan bibit lebah trigona yang baru tanpa harus membeli lagi.

"Dengan perjanjian diatas materai PT. MBM menjamin akan membeli setiap hasil panen Madu Klanceng yang dihasilkan oleh mitranya," kata istri H. Abdurrahman.

Menurutnya, memilih Lebah Klanceng karena pembudidayaannya terbilang mudah dan tidak berbahaya, serta ukurannya yang kecil. Khasiat madu yang diberikan sangat bagus untuk manusia. Bahkan pengidap penyakit kencing manis dan diabet aman menkonsumsinya.

Harga Madu Klanceng pun cukup tinggi dengan kandungan propolis dan bee pollen sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Madu tersebut juga memiliki fungsi seba
gai anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi, banyak khasiatnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers