Polsek Seltim Intensifkan Sambang Warga



Reporterjabar.com - Cirebon, Banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka pendekatan terhadap masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19 Polres Cirebon Kota mengunjungi warga dari rumah ke rumah untuk mendengarkan aspirasi. Setiap Polsek mengerahkan personilnya seperti yang sedang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Selatan Timur (Seltim) Polres Cirebon Kota yang melaksanakan kegiatan sambang warga di Kelurahan Pekalangan. Dalam sambang tersebut, Babinkamtibmas mendengarkan masukan, kritik, saran, masalah sekaligus harapan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Cirebon. Melalui program unggulan " GUNUNG JATI.

"Tidak hanya 'belanja masalah', warga pun diajak berperan aktif menjaga lingkungannya masing-masing dan terlibat mencari solusi terhadap masalah yang saat ini sedang terjadi serta sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan rajin mencuci tangan, wajib pakai masker dan jaga jarak sesuai protokol kesehatan," kata Kapolsek Seltim Polres Cirebon Kota KOMPOL Didi Suwardi, Minggu, 20/06/2021.

Ia menyatakan, sebagai anggota Polri yang ditugaskan mengemban tugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau lebih akrab disebut Bhabinkamtibmas dituntut harus mengetahui situasi dan kondisi keamanan di lingkungan wilayahnya masing-masing.

"Dari kedekatan dan kebersamaan dengan masyarakat akan tercipta situasi kamtibmas yang diharapkan. Komunikasi menjadi lancar, dan sikap saling menjaga pun akan tercipta," imbuhnya.

Ia mengaku, walaupun selama kunjungan ke rumah-rumah warga tidak ada masalah yang sangat menonjol, pihaknya selalu berupaya waspada dan menjaga sinergitas bersama masyarakat. 

"Situasi aman di tengah masyarakat harus terus dijaga dan diupayakan karena ini merupakan prioritas. Walaupun negara ini tengah berusaha lepas dari pandemi Covis-19 namun semangat kamtibmas jangan sampai kendor," ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat jangan segan-segan memberikan informasi yang menjadi potensi sosial atau lainnya kepada petugas sehingga pihaknya bisa mengambil langkah-langkah antisipasi dan menindaklanjutinya.

"Tidak usah takut dan jangan segan-segan untuk menyampaikan informasi kepada Kepolisian akan potensi sosial dan kejadian lainnya agar kami bisa cepat untuk mengambil tindakan sehingga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota tercipta situasi yang aman dan kondusif," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers