Aslam Safes Kotak Amal Berteknologi Anti Pembobolan



Reporterjabar.com - Jakarta, Perusahaan distributor produk teknologi asal Swedia, Indolok Bakti Utama meluncurkan teknologi kotak amal yang aman dari tindak kriminal pencurian yang marak terjadi di rumah-rumah ibadah. Mengantisipasi tingginya angka pembobolan kotak infak baik yang terjadi di masjid maupun rumah ibadah lainnya, membuat perusahaan pemegang lisensi Gunnebo ini merilis Aslam Safes yang dirancang secara detail untuk melindungi sedekah maupun infak masyarakat agar aman dari upaya pembobolan. 

Menurut Eky Mery, Marketing & Communication Senior Manager, Aslam Safes dirancang berdasarkan berbagai pengalaman kasus pencurian yang terjadi di berbagai rumah ibadah di seluruh Indonesia. Modus tersebut mulai dari pencongkelan, pembongkaran kunci, pengangkatan brankas, hingga memancing uang keluar.

“Kita belajar dari berbagai kasus yang terjadi. Pencurian kotak amal memang penyakit lama yang hingga sampai saat ini pun masih sering terjadi," katanya, Kamis, 3/06/2021.

Ia melanjutkan, uniknya, kalau dulu dilakukan sendiri, sekarang malah berkelompok. Contohnya di desa Banjarejo, Malang, satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak bekerjasama mencuri kotak infak di masjid. Salah satu masjid di kawasan Kramat Sentiong kehilangan brankas yang berisi uang 20 juta rupiah. 

"Dan dari sisi metode juga bervariasi. Pencurian di masjid daerah Petukangan Utara misalnya, menggunakan cara dengan membongkar kunci brankas," imbuhnya.

Aslam sendiri, tuturnya, diproduksi sebagai alat proteksi uang masyarakat yang dititipkan di rumah-rumah ibadah. Selain itu, Aslam Safes juga dilengkapi dengan pelat anti pancing yang bergerigi sehingga uang tidak bisa ditarik keluar dengan tali. 

"Saat ini Aslam Safes telah dipercaya dan resmi digunakan oleh Masjid Istiqlal Jakarta. Kami meyakini bahwa Masjid Istiqlal, sebagai salah satu masjid terbesar di Indonesia dan menjadi barometer di seluruh nusantara, akan menjadi contoh positif mengenai keseriusan pengurus dalam mengelola donasi jamaah," ungkapnya.

Indolok Bakti Utama telah berdiri sejak 1972, dikenal sebagai pelopor teknologi di dunia keamanan dari potensi bahaya serta kejahatan, dengan pengalaman hampir 50 tahun.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers