Pangdam III/Slw, Beri Penghargaan Bagi Warga Masyarakat Jawa Barat



Reporterjabar.com - Bandung, Tanggal 20 Mei 2021 merupakan hari yang bersejarah bagi Kodam III/Siliwangi, tepat pada 20 Mei 1946 atau 75 tahun silam, Kodam III/Siliwangi lahir untuk mengawal dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, pada acara syukuran Hari Ulang Tahun Kodam III/Slw, di Ruang Silihwangi Makodam III/Slw Jalan Aceh No. 69. Kota Bandung, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw menjelaskan, kelahiran Kodam III/Siliwangi di masa itu dikenal dengan nama Divisi Siliwangi. 

"Keberadaan Divisi Siliwangi menjadi salah satu kekuatan awal satuan ketentaraan yang ada di jajaran TNI dan pasukan Siliwangi selalu terlibat dan hadir dalam berbagai kancah perjuangan Bangsa dan Negara, untuk mempertahankan proklamasi kemerdekaan, maupun dalam menjaga kedaulatan Negara di seluruh wilayah NKRI," katanya, Kamis, 19/05/2021.

Pangdam juga mengakui, kesemuanya itu adalah warisan terbesar dari para pendahulu bersama dengan rakyat Jawa Barat dan Banten yang harus di “Mumule”, (dipelihara) dijaga, dirawat dan terus dibumikan dari generasi ke generasi, sehingga kebesaran dan kejayaan Siliwangi terus tersambung sepanjang masa.

"Untuk itu, siapapun yang menjadi Prajurit Siliwangi harus mampu memberikan prestasi terbaik yang gemilang untuk satuan serta rakyat Jawa Barat dan Banten, dan keberhasilan yang sudah diraih perlu kita pertahankan serta tingkatkan," imbuhnya.

Dalam acara syukuran hari jadi ke-75 Kodam III/Siliwangi tahun 2021, Pangdam berharap, harus menjadi sumber inspirasi dan motivasi serta membangun sence of belonging (rasa memiliki) terhadap satuan sebagai tempat berkarya dan mengabdi sekaligus menanamkan semangat untuk selalu berusaha memberikan pengabdian terbaik bagi satuan, dimanapun berada dan bertugas.

Pangdam III/Slw mengucapkan terima kasihnya dan penghargaan, kepada seluruh warga masyarakat Jawa Barat dan Banten, Sekeseler Siliwangi serta semua Instansi pemerintahan serta semua pihak yang telah mendukung dan bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi. "Tanpa kerja sama dan dukungan elemen masyarakat yang ada di Jawa Barat dan Banten, Kodam III/Siliwangi tidak bisa berbuat banyak untuk melaksanakan tugas pokoknya," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers