Kapolres Cirebon Kota, Pimpin Penyekatan di Kedawung



Reporterjabar.com - Cirebon, Diperkirakan arus mudik lebaran tahun ini. Yang mana para pemudik yang nekat menerobos petugas dan melanggar larangan mudik, malam akan memasuki Wilayah 3 Cirebon, diantaranya wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Guna mengantisipasi hal tersebut, Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan bersama jajarannya melakukan penyekatan di jalur perbatasan Kota dan Kabupaten Cirebon serta jalur masuk ke Jawa Tengah.

"Kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi arus mudik. Yang mana walau sudah dilarang oleh pemerintah. Ada masyarakat yang memahami serta mengikuti anjuran himbauan pemerintah, untuk tetap tinggal di rumah dan tidak mudik. Namun juga tidak sedikit dari masyarakat, yang tidak mau tahu dan nekad melaksanakan mudik baik dengan kendaraan roda empat maupun sepeda motor dan menerobos petugas," katanya, Senin, 10/05/2021.

Pos Kedawung ini merupakan akses pintu masuk menuju ke Jawa Tengah, sehingga petugas mencoba memutar balikkan kembali para pemudik tersebut. 

"Tentunya dengan himbauan yang humanis," imbuhnya.

Ia melanjutkan, arus para pemudik khususnya sepeda motor dengan letter luar kota, mulai banyak serta terdapat peningkatan 70% dan mendominasi diperkirakan mencapai 800 unit kendaraan melintas di pos Pam Kedawung. 

"Ini merupakan kerawanan penyebaran Covid-19. Yang seharusnya dalam penanganannya menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk menjaga diri dan menjaga keluarga artinya Jangan mudik," tuturnya.

Dalam penyekatan tersebut, petugas memeriksa lebih dari 600 unit kendaraan dan memutar balikkan kendaraan sengaja mudik untuk kendaraan roda 4 sekitar 30 unit kendaraan dan untuk sepeda motor kurang lebih 500 unit.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers