Dewan Pakar Pemuda Pancasila Minta Semua Kader Melakukan Gerakan Peduli Lingkungan


 

Subang -Masalah darurat sampah di Kabupaten Subang menjadi perhatian Pemuda Pancasila. Ormas tersebut juga berinisiatif akan lebih konsisten membangun gerakan peduli lingkungan dan mitigasi bencana.

Pemuda Pancasila pun berencana akan menyumbangkan beberapa unit kendaraan pengangkut sampah untuk digunakan di Subang. 

Hal itu ditegaskan oleh Dewan Pakar Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila KH Maman Imunalhaq saat bersilaturahim dengan  pengurus Pemuda Pancasila Kabupaten Subang, Minggu (23/5).

“Semua kader dan pengurus Pemuda Pancasila Subang harus melakukan gerakan peduli lingkungan yang masif dan sistematis. Termasuk turun melakukan mitigasi bencana”, tegas anggota DPR RI Fraksi PKB dapil Subang, Majalengka dan Sumedang ini. 

Kang Maman, demikian tokoh ini banyak disapa, mengungkapkan kegembiraannya saat Ketua MPC Pemuda Pancasila Subang H. Endang Kosasih mengungkapkan gerakan gotong royong membangun rumah tidak layak huni.

Ia pun merespon problem Subang yang mengalami darurat sampah. 

“Kita akan berusaha membantu masyarakat Subang dalam masalah sampah ini. Kita akan carikan unit kendaraan, menggelar FGD penanganan sampah dan menyediakan mesin pengelolaan sampah,” tutur tokoh muda NU yang dikenal juga sebagai budayawan Jawa Barat. 

Kang Maman mengapresiasi kepemimpinan H. Endang Kosasih yang terus melakukan kaderisasi hingga tingkat RW/RT, melantik badan-badan organisasi, seperti Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana, serta tetap menjalankan prokes walau banyak menggelar kegiatan.

Sementara Ketua MPC PP Subang Endang ‘Lentuk’ Kosasih mengapresiasi kehadiran Kang Maman menjadi bagian dari keluarga besar Pemuda Pancasila. 

“Kita bahagia kehadiran tokoh nasional. Kiai Maman itu anggota DPR, Dewan Pakar Majelis Pengurus Nasional PP. Dan yang lebih penting, Ia adalah tokoh agama yang akan bersama semua kader PP memperjuangkan nilai kemanusiaan yang lebih luas”, tuturnya

Ia pun mengajak seluruh anggota agar jangan berhenti berbuat kebaikan. 

“Gunakanlah organisasi PP ini untuk terus berbuat kebaikan, seperti kata Kiai Maman kita harus menguatkan hubungan sesama anak bangsa dan sesama umat manusia termasuk kepedulian terhadap alam lingkungan,” tegas tokoh Subang ini mengakhiri sambutan. 

Dalam acara tersebut, Endang Lentuk juga melantik sejumlah badan pendukung seperti badan urusan kartu anggota, penyuluhan hukum dan Kesehatan/bencana.


Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers