Batalyon Infanteri 315/Garuda Siap Bertugas di Papua



Reporterjabar.com - Bandung, Batalyon Infanteri 315/Garuda (Yonif 315/Garuda) adalah kesatuan batalyon infanteri di bawah Korem 061/Surya Kencana Kodam III/Siliwangi. Batalyon Infanteri 315/Garuda yang bermarkas di Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat ini, sekaligus merupakan pasukan pemukul Korem 061/Suryakencana dalam rangka menjaga keutuhan wilayah dari berbagai ancaman yang berkembang di wilayah.

Sejak tanggal  27 Maret 2021 hingga saat ini, Yonif 315/Garuda telah melaksanakan latihan pratugas dan siap untuk melaksanakan tugas negara sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) di Papua. Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi, Kolonel Inf F.X. Sri Wellyanto, Selasa (11/5), di Mapendam III/Siliwangi, Jl. Aceh Bandung. 

Wellyanto lebih lanjut menjelaskan, tugas Pamrahwan di Papua pada prinsipnya adalah untuk menjaga stabilitas keamanan, menetralisasi berbagai ancaman keamanan dari kelompok separatis bersenjata, serta merebut simpati dan hati warga masyarakat dari pengaruh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dengan senantiasa membantu kesulitan warga masyarakat setempat. 

Berkaitan dengan adanya polemik pasukan setan yang akan diterjunkan ke Papua, Wellyanto menegaskan tidak ada pasukan setan, yang ada adalah Batalyon Infanteri 315/Garuda yang dipersiapkan untuk melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di Papua.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers