Kelompok Tani Karya Makmur Dapat Bantuan Pembangunan LPM dari DAK APBN 2021

 

Indragiri Hulu - Kelompok Tani Karya Makmur yang dibangun Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) pada Tahun 2006 lalu di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mendapatkan fasilitas bantuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dari Dinas Ketahanan Pangan pemerintah kabupaten setempat berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Nomor 311/DKP/VIII/2020 tentang Penunjukan dan Penetapan Gapoktan Penerima Bantuan Lumbung Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2021

Fasilitas bantuan ini diberikan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu, Ibu Ir. Hj. Isnidar yang hari ini, Senin (12/4/2021) berkunjung ke lokasi Kelompok Tani Karya Makmur di Jalan Seberang Air Molek I, Kelurahan Air Molek I, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu sekaligus melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 02 Tahun 2021 Tentang Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Peningkatan Bidang Pertanian TA. 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Ir. Hj Tin Meisyafri, Kasi Sumber Daya Pangan Tri Yuli Handayani, S.Sos, Tim Koordinator dan Konsultan Proyek Pembangunan LPM, Kepala BPP Kecamatan Bapak Yosef Sinulingga beserta dua anggota PPL, Lurah Air Molek I Bapak Said Hasan, serta dihadiri oleh Kelompok Tani lainnya yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Usaha Maju di Kecamatan Pasir Penyu. 

Dalam sosialisasi tersebut, beliau menyampaikan bahwa Permentan No 02 Tahun 2021 ini dicanangkan dalam rangka peningkatan kualitas dari Kelompok Tani dan Gabungan kelompok tani di bawah binaan Dinas Ketahanan Pangan. 

“Pembangunan LPM ini sebagai bentuk perhatian dari pemerintah pusat terhadap Gapoktan yang aktif dan terus menjalankan kegiatan usaha pertaniannya,  dengan adanya LPM ini diharapkan dapat memacu Gapoktan untuk dapat terus meningkatkan kesejahteraan anggota, memudahkan Gapoktan dalam melaksanakan kegiatan lainnya” ungkap Ibu Ir. Hj. Isnidar.

Di tempat terpisah, Ketua Umum FKDB, H. Ayep Zaki menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Ketahanan Pangan yang telah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada Kelompok Tani Karya Makmur untuk memajukan sektor pertanian melalui pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat dalam menampung hasil panen, pasca panen, bibit, pupuk atau kegiatan lainnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers