Bunda Literasi Kab. Subang Ajak Anak-anak Berperan sebagai Agent of Change

Reporterjabar.com - Bunda Literasi Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat memberikan pembinaan anak dan remaja di Gedung Perpustakaan Kabupaten Subang, Kamis (29/4/21). 

Kegiatan ini bertemakan Ramadhan Bermakna Ramadhan Ceria, kegiatan ini diisi dengan bedah film dokumenter berjudul Anak Yang Dilacurkan (AYLA) By Anatmant, turut memberikan materi pada kegiatan ini oleh Ketua DWP Kabupaten Subang Ibu Hj. Siti Nuraeni Nuroni dan juga wakil ketua 1 TP PKK Kabupaten Subang ibu Ega Agustina Rosyadi.

Acara ini terselenggara kerjasama antara TP PKK Kabupaten Subang khususnya 
Pokja 1 dengan Dinas Arsip dan perpustakaan Daerah Kabupaten Subang, dan acara ini menghadirkan peserta dari anggota Purna Paskibraka Indonesias Kabupaten Subang, Mojang Jajaka Kabupaten Subang, PIK R SMKN 1 Subang, Forum Genre, dan Forum Anak kabupaten Subang.

Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menyampaikan tujuan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta bahwa mereka harus menjadi agent of change atau agen perubahan untuk teman sebaya yang kurang beruntung dan dapat membantu dalam menekan angka kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan melalui pemaparan edukasi kesehatan reproduksi pada anak dan remaja, mereka juga bisa 
membantu temannya yang mengalami masalah tersebut melapor ke dinas perlindungan anak atau ke dinas sosial yang membawahi tentang anak, komisi perlindungan anak daerah dan PKK.

Bersumber dari DP2KBP3A Kabupaten Subang Bidang Perlindungan Anak. Kasus anak di Kabupaten Subang pada tahun 2020 terdiri dari kekerasan terhadap anak (KTA) sebanyak 62 kasus dan 73 Korban. Kekerasan terhadap perempuan (KTP) sebanyak 46 kasus dan 46 korban.

Hj. Yoyoh berpesan "Saya titip pesan selaku Bunda Literasi sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Subang menghimbau bahwa kita memiliki perpustakaan dengan banyak buku buku ilmu pengetahuan yang tentu bermanfaat dan dapat kita kita petik hikmahnya. Silakan gunakan fasilitas Pemda ini untuk menambahkan ilmu."

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang, Kabid Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan Subang dan pengurus Pokja 1 TP PKK Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers