Bahas Larangan Mudik, Satpol PP Jabar Gelar Rakor Lintas Sektoral Se-Pulau Jawa

Reporterjabar.com - Bandung, Bulan Ramadhan sekarang untuk yang kedua kalinya dimasa pandemi covid-19. Masalah yang dihadapi Diantaranya pelarangan mudik. Guna membahasnya,  Satpol PP Provinsi Jawa Barat  menggelar Rapat Koordinasi Lintas Provinsi antara Para Kasatpol PP serta Sekda Jabar, Sekda DIY, Sekda Jatim, Sekda Jateng, Sekda DKI, Sekda Banten bersama Kadishub Jabar dan lintas sektor lainnya, Suatu pencatatan prestasi lagi buat satpol pp dan baru pertama kali digelar, Kamis (15/04/2021).

Dalam Rapat Koordinasi secara virtual ini digelar oleh Satpol PP Jabar yang memfasilitasi para Sekda di enam provinsi membahas mengenai kesepakatan bersama mengenai pelarangan MUDIK yang beberapa minggu kedepan dilaksanakan, tujuan digelarnya rapat kordinasi ini guna untuk mendapatkan kesepakatan dan komitmen bersama dalam menangani pemudik dimasa Pandemi covid 19 di 6 (enam) provinsi.

Satu tantangan SEKDA Jabar dijawab oleh Satpol PP jabar mengenai kinerja dalam pengambilan keputusan by data melalui teknologi informasi dengan menggelar dan memfasilitasi 6 SEKDA untuk mendapatkan kesepakatan dan berkomitmen mengenai mobilisasi masa yang melintas antar provinsi.

Sekda Provinsi Jabar, Iwan Setiawan mengfatakan "Kami di Jawa Barat mefasilitasi melalui video conference untuk berkomitmen dengan menandatangani draft kesepakatan yang dibuat dan ditandatangani secara virtual juga dalam menangani mobilisasi masa saat mudik serta kesepakatan mengenai perijinan yang melintas antar provinsi".ujarnya

Para Sekda ataupun yang diwakilkan menyetujui tentang isi kesepahaman yang dituangkan dalam draft kesepahaman dan di tandatangani oleh para Sekda Provinsi untuk menindak lanjuti bersama mengenai pelarangan mudik dan kesepahaman dalam teknis pelaksanaan di lapangan.

Dikatakan Ade Afriandi selaku Kasatpol PP Jabar 2 agenda yang dibahas yaitu menindaklanjuti perbincangan antara Sekdadan menyikapi kebijakan mengenai pelarangan mudik. "Ada easy equal yang harus kita tindak lanjuti dilapangan di lintas provinsi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam menjalankan aktifitas lintas provinsi," katanya.

Kadishub Jabar memberikan pandangannya mengenai tata cara pelaksanaan teknis di lapangan dan berkordinasi dengan pihak yang berwenang bagaimana agar bisa sejalan salam proses pelaksanaan penyekatan di beberapa titik wilayah perbatasan maupun di kabupaten/kota yang dilintasi para pemudik.

Dengan adanya koordinasi secara virtual ini akan ada kesepahaman antar Sekda untuk menindak lanjuti peraturan pelarangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat dengan teknis yang berjalan dilapangan. "Agar bisa sinergi dan bisa memberikan satu kesepahaman dalam pelaksanaan," pungkasnya. (KZ)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers