Acara Verifikasi Kabupaten Subang ODF Tahun 2021, Bupati Subang: Masyarakat Subang Tidak BAB Sembarangan

Reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat dan wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri acara Verifikasi Kabupaten Subang Open Defecation Free (ODF) tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Gedung Command Center Kantor Diskominfo Subang, Kamis (29/4/2021)

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Dalam paparannya Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Jawa Barat Sri Sudartini menjelaskan bahwa Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Adapun proses ini bertujuan untuk memantau prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat untuk mencapai desa ODF, peningkatan akses jamban sehat dan efektivitas penggunaan sarana serta penilaian perubahan perilaku untuk stop BAB sembarangan.

Dalam sambutannya Kang Jimat mengajak kepada seluruh pihak untuk menerapkan 5 pilar kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk mewujudkan kondisi sanitasi total yang diantaranya yaitu:
1. Stop buang air besar sembarangan 
2. Cuci tangan pakai sabun
3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga
4. Pengelolaan sampah rumah tangga
5. Pengamanan limbah cair rumah tangga.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat mengungkapkan rasa syukur atas tercapainya pilar kesatu yang telah meraih deklarasi Desa/Kelurahan ODF yaitu seluruh warga masyarakat di Kabupaten Subang sudah tidak buang air besar sembarangan, dengan tercapai kondisi sebagai Kabupaten ODF Kang Jimat berharap semoga derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Subang menjadi lebih baik, dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak diantaranya kepada kader kesehatan, kepala desa, camat, kepala puskesmas, kepala perangkat daerah, forum kabupaten kota sehat, tim penggerak PKK dan seluruh masyarakat Subang sehingga seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Subang mendapatkan predikat ODF pada tahun ini. "Tentunya setelah selesai pilar ke satu STBM ini status ODF harus dipertahankan dan kita upayakan mencapai semua pilar STBM lainnya" ujar Kang Jimat.

Sementara itu Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan verifikasi ODF dan berharap di tahun 2021 ini Kabupaten Subang dapat kembali meraih Swasti Saba Wistara untuk ke 3 kalinya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi Kang Jimat dan Kang Akur kaban BP4D, Kepala dinas Kesehatan beserta jajarannya dan perwakilan tiap OPD Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers