Wabup Subang Hadiri Kegiatan Konsultasi Pendaftaran Sertifikasi Produk UMKM

Reporterjabar.com - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau biasa dipanggil Kang Akur, menghadiri sekaligus menutup kegiatan Konsultasi Pendaftaran sertifikat produk bagi usaha mikro bekerjasama dengan Pemda Subang, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Subang. Hotel Lotus Subang. Jumat (26/3/2021).

Laporan panitia Kepala Bidang Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Bery Fauzi menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah meningkatkan wawasan juga kemampuan para pelaku usaha mikro terhadap keamanan pangan, sebagai salah satu prasyarat untuk mendapatkan SPP-IRT(Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) dan diharapkan kedepannya dapat memperluas pangsa pasar produk usaha mikro setelah terbitnya SPP-IRT.

Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rahmadi, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi atas kerjasama dan terselenggaranya kegiatan tersebut khususnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Subang dan dinas DKUPP juga Dinas Kesehatan dan PLUT Kabupaten Subang dalam membantu pemulihan ekonomi melalui kegiatan tersebut, mengingat ditengah pandemi usaha mikro mengalami penurunan.

Kang Akur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini tentu sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi pelaku usaha mikro dalam meningkatkan standar produk industri pelaku usaha mikro.

Kegiatan tersebut juga untuk membantu kita mewujudkan program jawara Niaga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Subang melalui pemberdayaan UMKM, perdagangan, industri dan pasar, UMKM berdaya saing, sehingga meningkatnya omzet UMKM di Kabupaten Subang.

Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga SPP-IRT bagi UMKM perlu diupayakan. Dengan memiliki sertifikat standarisasi pada produknya, UMKM dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Tidak lagi sekala rumahan tetapi juga bisa merambah toko retail supermarket bahkan ekspor hingga meningkatkan daya saing.
Peserta Pada pelaksanaan kegiatan ini sebanyak 50 peserta berasal dari kabupaten Subang yang melakukan pendaftaran secara online atau merupakan hasil pendampingan dari PLUT UMKM di Kabupaten Subang dan langsung mendapatkan sertifikat dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. 

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers