Terkait Kejadian Kecelakaan di Sumedang, Begini kata Nurhasan Zaidi

Reporterjabar.com - Pasca kejadian kecelakaan bus di Sumedang Jawa Barat yang membawa rombongan SMP IT Al-Muaa'wanah, anggota DPR RI Nurhasan Zaidi menuntut supaya adanya evaluasi secara komprehensif supaya kejadian yang sama tidak terjadi lagi.

"Kita menuntut adanya evaluasi apakah sudah dievaluasi atau belum lalu bisa diambil tindakan. Kita belum bisa berkomentar soalnya belum melalui tindakannya apa harusnya DPRD tingkat II (tingkat Kabupaten Subang maupun Sumedang) harus kontrol. Kenapa ini?" tuturnya ditengah acara reses di Subang Jawa Barat, Minggu malam (14/3/2021).

Kemudian kepada semua pihak terkait harus dikejar seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) atau sekolah dan pemerintah setiap ada kejadian harus dievaluasi. "Supaya tidak terulang apa sih faktornya kalau masalahnya itu mobil sewa yang tidak layak. Ya langsung ditangani," katanya.

Kemudian ijin operasional yang harus diingatkan cek semua bis. Masalah ini juga kata Ustadz Dede - sapaan akrabnya - sering kali lengah "Jangan cari untung saja tapi nggak pernah evaluasi harus ada. Kalau mobil kendaraan umum sewa itu kan KIR-nya harus rutin cek kelayakan. Layak jalan atau tidak? Kadang di zaman ekonomi lagi susah begini kadang-kadang perusahaan gak mau ganti-ganti sparepart (yang sudah tidak layak)," katanya lagi.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers