Sambut HUT Subang, Komunitas Pandu Digital jalin Kerjasama dengan Pemkab Subang

Subang - Menyambut Hari Jadi Kabupaten Subang ke-71, Komunitas Pandu Digital siap menjalin kerjasama dengan Pemkab Subang untuk membuat bermacam kegiatan virtual diantaranya kegiatan budaya yang menonjolkan potensi daerah. Kegiatan secara virtual berkaitan kondisi pandemi masih cukup tinggi. Namun kata penggiat Pandu Digital, Rimo pagelaran dan eksplorasi potensi daerah secara virtual ini selain bisa menekan biaya,  juga dapat memperluas jangkauan penonton. Siapapun bisa dengan mudah menyaksikan rangkaian HUT Subang.  

Kemudian dijelaskan konsep Pandu Digital ingin ada eksplorasi mengenai potensi setiap kecamatan di Subang. Eksplorasi tersebut dikemas dalam sebuah film dokumenter dan disiarkan secara virtual di Galuh Pakuan Official. 

"Proses pembuatan film dokumenter ini melibatkan seluruh SDM Pandu Digital untuk turun langsung ke desa-desa. Mereka akan melakukan reportase, mengumpulkan data-data serta pengambilan gambar untuk kebutuhan bahan pembuatan film dokumenter tersebut," ujar Rimo kepada wartawan.

Disamping itu akan mempermudah siapapun mengenal Subang dengan berbagai maksudnya. Diantaranya pelaku usaha dan investor. "Dengan begitu,  para pelaku usaha dapat menyaksikan potensi daerah Subang tanpa berkeliling ke pelosok-pelosok.  Para calon investor akan sangat terbantu melihat peluang investasi di Subang dengan lengkap, " kata Rimo.

Pemutaran film dokumenter itu nantinya dirangkai dengan pagelaran kesenian tradisional khas Kabupaten Subang. Semua kebutuhan perangkat digital telah disiapkan oleh Galuh Pakuan Official. 

"Jadi rancangan kegiatan HUT Subang kali ini mau tidak mau memang harus memaksimalkan teknologi digital.  Dengan biaya yang murah namun tidak mengurangi esensi kemeriahan acara," imbuhnya.

Sebelumnya, Pandu Digital bersama Galuh Pakuan telah sukses beberapa kali menggelar kegiatan secara virtual khususnya selama masa pandemi covid-19. Salah satunya,  Pasanggiri Jaipong tingkat Nasional berhadiah total Rp100 juta. 

Saat ini,  tengah berlangsung kerjasama Pandu Digital dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab Subang dan SMK Kesenian Subang dalam bentuk Pasanggiri Jaipongan Kreasi antar SD dan SMP se-Kab Subang. Acara yang disiarkan di Youtube Channel Galuh Pakuan Official ini ditonton lebih dari 2.000 orang per hari.  

Kabid Kebudayaan Disdikbud Subang, Khadar menyebutkan konsep yang ditawarkan Pandu Digital untuk HUT Subang bulan April 2021 ini sebagai konsep yang brilian. Dia sangat menyambut baik apa yang diusulkan Pandu Digital karena dinilai gagasan kreatif dan membangun.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers