Peluncuran Angracana Raharja Award di Musrenbang 2021

Reporterjabar.com - Bupati Subang H. Ruhimat dan wakil bupati Agus Masykur Rosyadi selain membuka Musrenbang tingkat Kabupaten Subang 2021 juga melaksanakan peluncuran Angracana Rahaharja Award yaitu sebuah program inovatif terbaru BP4D di Puri Kitri Cadika, Kamis (25/3/2021).

Kaban BP4D Hari Rubyanto dalam laporannya menuturkan bahwa Angracana Raharja Award merupakan inovasi BP4D tahun ini yang merupakan penghargaan yang diberikan pada perangkat daerah berprestasi dan dapat dijadikan parameter kinerja suatu perangkat daerah dalam setahun untuk mengukur apakah kinerja suatu perangkat daerah tersebut berpredikat baik atau berpredikat buruk.

Angracana award terinspirasi dari perubahan dan kemajuan yang terjadi di Singapura, Korea dan Jepang yang menerapkan sistem Meritokrasi.

Meritokrasi dipopulerkan oleh Michael Young pada tahun 1958 dalam bukunya Rise of the Meritocracy yang dalam definisi praktisnya adalah proses promosi dan rekruitmen pejabat pemerintahan berdasarkan kemampuan dalam melaksanakan tugasnya bukan berdasarkan koneksi politis (bersifat profesional). Memberikan penghargaan lebih kepada yang berprestasi begitupun sebaliknya konsekuensi atas kurangnya kinerja.

Menurut Hari, Angracana Raharja award merupakan bentuk penghargaan dan penilaian pada kinerja perangkat daerah selama setahun berdasarkan parameter yang telah ditentukan atau kriteria profesional, sehingga dapat ditentukan perangkat daerah yang berpredikat sangat baik (berprestasi) dan perangkat daerah berkinerja buruk. Hari berharap gagasan ini mampu menjadikan pemerintah daerah Kabupaten Subang memiliki performa kinerja yang lebih baik dalam menwujudkan program Subang Jawara.

Sementara itu respon positif diberikan oleh kang Jimat atas inovasi ini. Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan tersebut, Kang Jimat menginginkan agar dalam pelaksanaannya agar penilaian dilakukan secara profesional dan objektif sehingga kinerja perangkat daerah terukur dan optimal, hal ini penting untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers