Logistik Laut Peluang Besar Bagi Lulusan Sekolah Kemaritiman



Cirebon, Logistik atau pengiriman barang baik skala nasional maupun internasional akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak terlebih lulusan kemaritiman. Ada beberapa kriteria yang dapat menjawab kebutuhan tersebut, tentunya didukung oleh institusi pendidikan yang sudah terakreditasi baik. Hal ini dikatakan oleh Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon, Asep Rahmat usai Upacara pelepasan perwira muda serta penyerahan Certificate Of Competency (COC)  & Certificate Of Endorsement (COE)  Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) dan Ahli Teknika Tingkat III (ATT III) dan & Upacara Pengukuhan Komandan Batalyon Korp Taruna Prawira Sagara Angkatan XXXIII di kampus setempat. Selain itu, pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat pun akan menyerap tenaga kerja di bidang yang sama. 

"Melihat perkembangan yang sekarang dan kebutuhan kedepan, angkutan laut atau logistik menjadi prospek yang baik bagi lulusan kemaritiman," kata Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon Asep Rahmat, Kamis, 25/03/2021.

Ia melanjutkan, arus barang sangat menjanjikan untuk penyerapan Sumber Daya Manusia karena tidak banyak terpengaruh dengan gejolak ekonomi maupun Pandemi COVID-19.

"Alur logistik selama Pandemi tergolong stabil bahkan meningkat, membuka lapangan kerja yang lebih luas. Membutuhkan armada, barang, dan lainnya untuk terus menggerakkan ekonomi Nusantara dan internasional," ujarnya.

Namun untuk mengisi peluang tersebut, lulusan akademi kemaritiman harus memiliki kompetensi tinggi, dedikasi, serta kecakapan dalam menyerap materi selama pendidikan.

"Dibutuhkan SDM terlatih, terdidik dan kompeten, dan institusi pendidikan yang terakreditasi Baik akan mendukung SDM dalam dunia kerja," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, pembangunan hingga beroperasinya Pelabuhan Patimban Subang Jawa Barat membutuhkan sedikitnya 4,5 juta tenaga kerja yang notabene dari bidang kemaritiman. 

Untuk itu, pihaknya akan terus mencetak lulusan-lulusan terbaik dengan tingkat kompetensi tinggi.

"Pelabuhan Patimban Subang akan menyerap kurang lebih 4,5 juta tenaga kerja. Paling tidak lulusan AKMI bisa mengisi ruang-ruang tersebut berdasarkan kompetensinya masing-masing," ungkapnya.


Ia menambahkan, hingga kini pihaknya telah mencetak sebanyak 7 ribuan SDM di bidang kemaritiman yang siap pakai baik di perairan maupun di darat.

"70% berkiprah di bidang maritim atau perairan nasional dan internasional. Karena ini adalah pendidikan Tingkat Perwira III jadi, mereka bekerja di perusahaan-perusahaan pelayaran niaga," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers