Inilah alasan Subang Dipilih dalam Program YESS

Reporterjabar.com - Kabupaten Subang terpilih dalam Program pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda disektor Pertanian / YESS Programme (Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services Programme). Disampaikan Plt. Direktur Polbangtan Bogor sekaligus penanggung Jawab Program YESS Jawa Barat Dr. Ir Siswoyo, MP bahwa Subang masuk menjadi salah satu dari 4 wilayah di Jawa Barat dalam program YESS. "Daerah lainnya yaitu Cianjur, Tasikmalaya dan Sukabumi," ujarnya di hadapan Bupati Subang, H. Ruhimat di Bukit Nyomot Serangpanjang, Jum'at (19/3/2021).

Kata dia melalui program YESS diupayakan agar anak-anak muda dapat terjun ke dunia pertanian dari mulai bertani hingga ke pengembangan usaha berbasis pertanian. "Saat ini telah terdaftar calon petani muda di Subang sekitar 6000 orang dan masih bisa bertambah" ujar Siswoyo yang berharap agar bupati beserta jajaran dan dinas terkait untuk mendukung penerapan program tersebut di Kabupaten Subang. Siswoyo menambahkan Program YESS merupakan program yang tidak hanya nasional namun berskala internasional yang diterapkan di 4 Provinsi dan 15 Kabupaten. Adapun 4 provinsi tersebut yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatam dan Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian Subang Dr. H. Hendrawan, SP, MM memaparkan laporan terkait perkembangan dan pelaksanaan berbagai program kementerian pertanian yang telah berjalan di Kabupaten Subang diantaranya Program Ketahanan Pangan, Landclearing, pemberian bantuan Alsintan, Upland dll.

Sementara itu kang Jimat mengungkapkan kegembiraannya atas terpilihnya Kabupaten Subang sebagai wilayah penerapan program YESS di Jawa Barat dan akan berusaha memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaannya. "Tinggal sampaikan apa yang bisa kami lakukan di level kami" ujar kang Jimat yang berharap melalui program ini dapat menjadikan sektor pertanian Kabupaten Subang lebih berkembang dan mendunia.

Hadir dalam kesempatan tersebut mendampingi kang Jimat, Asda II, Kaban BP4D dan Kadis pertanian beserta jajarannya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers