Dandim 0605 Subang: "Terima Kasih, Jendral"

Reporterjabar.com - Dandim 005 Subang Edi maryono menyampaikan terima kasih kepada Kasad Jendra TNI Andika Perkasa dan Ibu yang telah membantu anggotanya yaitu Kopka Ade Sasmita yang menderita sakit yang diduga akibat sengatan tawon saat melaksanakan tugas memasang repeater dalam operasi gabungan di pantai Ambal Kebumen Jawa Tengah 4 tahun yang lalu. "Kami sebagai Dansat baik Dandim maupun Danrem berterima kasih kepada Bapak Kasad dan Ibu Kasad atas kepeduliannya kepada anggota kami yang membantu pengobatan. Karena kami sebagai orang tua menginginkan Pak Ade sembuh total bisa dinas seperti biasa," ujarnya di hadapan wartawan  usai mengantarkan Ade Casmita yang dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Rabu (10/3/2021).


Kopka Ade dijemput atas perintah Jendral TNI Andika Perkasa untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Menurut Dan Denkes, Letkol CKM dr. Wildan Sani dirujuk ke RSPAD untuk dilakukan pendalaman dengan Digital Subtraction Angiography (DSA) membuka saluran darah menyebabkan nyeri untuk mengetahui apakah sengatan tawon menyebabkan stroke. "Itu hanya bisa dilakukan doi RSPAD (Gatot Subroto) Jakarta," katanya.

Kopka Ade mengalami kelumpuhan saat memasang repeater pada suatu tower dalam Latihan Gabungan di Pantai Ambal Kebumen Jawa Tengah tahun 2017.


Cerita putri bungsunya, Aira selama sakit ayahnya menjalani terapi di rumah sakit Dustira Cimahi. Kegiatan keseharian selama melakukan terapi kata Aira ayahnya setiap hari belajar menggerakkan tangan dan berjemur. Kata Aira setelah menjalani terapi ada kemajuan yang sebelumnya setiap hari ayahnya selalu mengerang kesakitan. "Tetapi setelah menjalani terapi tidak sering (mengerang) lagi. Saya bersyukur sekali ayah mendapat perhatian untuk pengobatan lebih lanjut," tutur putri bungsu yang bercita-cita mengikuti jejak ayahnya ini dengan menjadi Kowad.


Kopka Ade dijemput oleh Komandan Korem (Danrem) 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando yang didampingi Dandim 0605 Subang dari kediamannya di Dawuan kaler Kecamatan Dawuan Subang dengan menggunakan ambulan dari RSPAD Gatot Subroto.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers