Begini Hasil Audiensi Bupati Subang Dengan Para Seniman Subang

Reporterjabar.com - Bupati Subang, Haji Ruhimat  menerima perwakilan seniman Kabupaten Subang dalam rangka audiensi, mendengar aspirasi dan berdiskusi terkait nasib para Seniman selama masa pandemi Covid 19 di halaman belakang Rumah Dinas Bupati Subang, Rabu (17/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kalak BPBD H. Hidayat yang bertindak sebagai  Moderator menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi dalam rangka mencari solusi berbagai permasalahan yang kini dihadapi para Seniman Kabupaten Subang.  

Atas terlaksananya audiensi tersebut para perwakilan  seniman mengucapkan terima kasihnya kepada kang Jimat karena telah berkenan menerima para seniman dan berkesempatan mendapatkan tanggapan dari bupati.

Menurut salah satu seniman asal jalupang Samsu, Dalam kurun waktu satu tahun ini kondisi para seniman sangat terpuruk ditengah pandemi covid 19, terlebih untuk wilayah Subang dibeberapa daerah harus vakum dan tidak boleh mengadakan hajatan/panggung hiburan. 

Dalam paparannya Kadisdik Subang Tatang Komara menyampaikan bahwa di Dinas Pendidikan mengelola paling tidak 2 kegiatan besar yaitu dibidang Pendidikan dan bidang kebudayaan. Adapun dibidang kebudayaan melalui beberapa pertemuan pihaknya telah menerima banyak masukan dan keluhan dari kelompok seniman apa yang menjadi kebijakan PPKM. Kadisdik menjelaskan Terkait nasib rekan-rekan komunitas seniman ditengah pandemi covid 19 yang melanda setahun terakhir menyebabkan semua kegiatan seniman tertunda."Tidak ada yang dapat dilakukan selain bersabar" ujar Tatang yang menjelaskan pula bahwa kemdikbud RI sudah mengeluarkan kebijakan bantuan untuk Lembaga seni berbadan hukum namun dalam pembagiannya hal tersebut diluar kapasitas dinas pendidikan Kabupaten.

Sementara itu dalam sambutannya kang Jimat menyampaikan keprihatinan yang sangat mendalam atas nasib para seniman ditengah pandemi covid 19. Pandemi covid 19 yang melanda setahun ini berdampak pada banyak sektor dan menjadi simalakama. kang jimat minta maaf belum bisa memberikan kebijakan yang memuaskan semua pihak. Namun dirinya akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait hingga memungkinkan mengambil kebijakan terbaik untuk para seniman.

Hadir dalam Kesempatan tersebut mendampingi kang Jimat PJ. Sekda, Kadisdik Subang, Kadisparpora, Kakesbangpol dan Kadinkes Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers