Polres Cirebon Kota Tekankan Pentingnya Kampung Tangguh Lodaya



Reporterjabar.com - Cirebon, Kampung tangguh lodaya tidak hanya berdampak positif menekan penyebaran Covid-19, namun juga mendatangkan dampak positif di aspek keamanan. Bahkan setelah dibentuk Kampung Tangguh, situasi kamtibmas berjalan aman dan kondusif. Dengan demikian keberadaan Kampung Tangguh tak hanya untuk menekan penyebaran virus Corona, namun juga berdampak pada penurunan kriminalitas. 

"Tindak kriminalitas dapat ditekan, keamanan terkontrol dengan adanya Kampung Tangguh lodaya ini," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, Jumat, 5/02/2021 

Ia melanjutkan, Pandemi Covid-19 belum berakhir, masyarakat dituntut untuk terus bertahan dalam situasi tersebut. Untuk itu pihaknya membentuk Kampung Tangguh Lodaya. 

"Agar masyarakat tetap tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19," imbuhnya.

Ia menyebutkan, Kampung Tangguh  merupakan salah satu strategi untuk penanganan Covid-19. Awal pembentukan Kampung Tangguh karena dengan adanya pandemi Covid-19 ini, semua berpotensi tertular. 

"Untuk mencegah penularan yang semakin masif maka Polda Jabar, khususnya Polres Cirebon Kota membentuk kampung tangguh Lodaya," imbuhnya.

Dalam menjalankan kegiatan tersebut Polres Cirebon Kota berkolaborasi dengan TNI dan juga warga atau tokoh masyarakat. Ada lima hal yang diupayakan dalam Kampung Tangguh ini yakni, tangguh dalam hal kesehatan, kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat, sosial dan ekonomi, informasi serta kreativitas.

"Masyarakat diharapkan dapat memahami untuk pencegahan penularan Covid-19. Yakni, melalui penggiatan tentang protokol kesehatan (prokes) kepada seluruh masyarakat," pungkasnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers