Permanenkan Kali Cipunagara Jalan Satu-satunya Hentikan Banjir Tahunan

Reporterjabar.com - Bupati Subang, H. Ruhimat sangat menekankan untuk mendorong mempermanenkan tanggul Kali Cipunagara guna menghentikan bencana banjir yang hampir setiap tahun terjadi. Karena menurut Bupati Subang Jalan satu-satunya ialah dengan mempermanenkan tanggul Kali Cipunagara supaya tidak menimbulkan banjir saat meningkatnya debit air Kali Cipunagara.

Untuk itu dia telah membicarakan maksud tersebut dengan Gubernur Jawa Barat yang disambut dengan kesamaan tekad.  "Untuk diambil langkah-langkah strategis dan Gubernur (Jawa Barat) pun sepakat untuk membicarakan bersama Kementerian PUPR pusat terkait untuk mempermanenkan tanggul Kali Cipunagara. Pak Gubernur sepakat mudah-mudahan tahun ini terealisasi," ujar Bupati yang biasa disapa Kang Jimat ini, Selasa (9/2/2021).

Hal ini kata Bupati telah disampaikan  kepada pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Barat yang turut dihadirkan dalam pertemuan bersama Gubernur Jawa Barat. "BBWS telah menyatakan kesiapannya untuk menyampaikan hal ini kepada pimpinannya di pusat," katanya. 

Kang Jimat menekankan pentingnya mempermanenkan Tanggul Kali Cipunagara kepada semua pihak terkait. "Sebab saya tadi nyatakan (dalam pertemuan) sekalipun saat ini dibangun dalam tahap penyelesaian bendungan Sadawarna, saya tetap minta dilakukan untuk dilakukan penanggulan yang permanen (Kali Cipunagara)," tuturnya.

Hal ini telah disambut baik oleh Gubernur Jawa Barat. "Pak gubernur sepakat mudah-mudahan saja ya cepat direalisasikan,"

Kata Kang Jimat hanya itu jalan satu-satunya untuk menanggulangi agar tidak terjadi lagi banjir tahunan di sekitar Kali Cipunagara. "Kalau tanpa dipermanenkan mohon maaf kayaknya banjir akan terjadi lagi setiap tahun," 

Ketika ditanyakan mengenai waktu pelaksanaannya, Kang Jimat berharap dilakukan pada 2001 akhir. "Kita harapkan tahun ini bisa dijalankan," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers