Pemkot Cirebon Cepat Tanggap Antisipasi Bencana Banjir



Reporterjabar.com - Cirebon, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bergerak cepat dalam menangani potensi bencana yang terjadi di wilayahnya. Seperti kejadian pengikisan tanah dan pohon tumbang yang terjadi di Sungai Cikalong Kelurahan Harjamukti beberapa waktu lalu.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, secara umum sejumlah titik rawan bencana genangan air telah ditinjau dan ada beberapa titik yang harus mendapat penanganan dengan segera.

"Kami telah instruksikan dinas terkait untuk segera melakukan tindakan di bibir sungai yang terkikis air di Harjamukti," katanya, Kamis, 11/02/2021.

Menindaklanjuti instruksi Wali Kota Cirebon, Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon Kherul Bahtiar menuturkan, untuk penanganan tanah terkikis air dan pohon tumbang di Sungai Cikalong Kelurahan Harjamukti, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung serta instansi terkait lainnya.

"Peralatan berat milik BBWS Cimanuk Cisanggarung pun diturunkan sebab Pemda Kota Cirebon tak memiliki alat berat,” katanya.

Khaerul berharap, dengan gerak cepat Pemda Kota Cirebon dan BBWS Cimanuk Cisanggarung ini, fungsi Sungai Cikalong di Kelurahan Harjamukti bisa normal kembali.

"Adanya alat berat dari BBWS membuat proses pengangkatan pohon yang menghalangi sungai bisa lebih cepat," imbuhnya.

Ketika dihubungi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon Kadini menambahkan, sejumlah personel disiagakan dalam pengangkutan sampah dan batang pohon di Sungai Cikalong Kelurahan Harjamukti.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai karena bisa menimbulkan bencana," ungkapnya.(Frans)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers