Desa Anggasari Sukasari Dua tahun Langganan Banjir Selama Berbulan-Bulan

Reporterjabar.com - Saat ini bencana banjir selain Pamanukan terdapat daerah yang cukup parah dilanda bencana banjir juga, yaitu di RT 9 dan RT 10 Desa Anggasari Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang Jawa Barat yang ratusan hektar sawah tergenang banjir. Dikatakan Darwin salah seorang warga setempat menyebutkan banjir ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Penyebab utama banjir ini kata dia ialah penyempitan di Kali Sawin, Kali Pembuangan Burung yang bermuara Kali Cirengit dia meminta adanya normalisasi di ketiga lokasi kali tadi. "Perlu dinormalisasi di ketiga kali itu, kita minta meminta pemerintah Subang untuk menyelesaikan permasalahan banjir ini dengan melakukan pengerukan," katanya kepada Reporterjabar.com,  Sabtu (13/2/2021).

Selain sawah yang terancam gagal panen, banjir tersebut menggenangi rumah-rumah di sekitarnya. "Ada sekitar 130 rumah atau 90%-an rumah di sini terendam banjir, Kang," imbuhnya.

Kejadian ini sebenarnya telah berlangsung selama dua tahun terakhir. Akibatnya hasil panen menjadi anjlok sangat signifikan. "Untuk tahun ini saja saya melihat mungkin hanya 15% saja yang bisa panen," katanya.

Karena banjir yang menggenang sawah berlangsung cukup lama sampai berbulan-bulan. "Sekarang ini banjir kami rasakan sudah 2 bulan lebih. Kita sangat memohon pemerintah ikut memperhatikan (nasib) kami," harapnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers